SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Persepsi Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Angkatan 2011 Tentang Profesionalisme Dosen Dalam Mengajar Di STAIN Pekalongan
Profesionalisme dosen berperan besar terhadap peningkatan kualitas proses
pembelajaran di perguruan tinggi. Dosen dituntut memiliki empat kompetensi, yaitu
kompetensi bidang studi, kompetensi pemahaman tentang peserta didik, kompetensi
penguasaan pembelajaran yang mendidik, kompetensi pengembangan kepribadian
dan keprofesionalan. Salah satu kompetensi penguasaan pembelajaran yang mendidik
yang perlu dimiliki dosen dalam rangka untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi
proses pembelajaran mahasiswa adalah kompetensi penguasaan metodologi
pengajaran. Seorang mahasiswa sudah memiliki pemikiran yang kritis akan berbagai
persoalan yang ada. Jika pemikiran tersebut baik maka akan membawa kebaikan pula
bagi mahasiswa tersebut kelak di kemudian hari. Pemikiran disini yang kita sebut
dengan persepsi, persepsi mahasiswa akan suatu persoalan akan mempengaruhi pola
bersikap mahasiswa tersebut. Dalam hal ini persepsi mahasiswa terhadap dosen
khusunya profesionalisme dosen dalam mengajar akan berdampak pada motivasi
belajar mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Hal ini jelas sangat terlihat karena
ketika seorang mahasiswa yang menganggap seorang dosen kurang professional
dalam mengajar maka mahasiswa tersebut akan cenderung malas ketika mengikuti
perkuliahan yang diampu oleh dosen tersebut. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba
meneliti tentang bagaimana persepsi mahasiswa tentang profesionalisme dosen dalam
mengajar di STAIN Pekalongan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana persepsi mahasiswa jurusan Tarbiyah angkatan 2011 tentang profesionaisme
dosen dalam mengajar di STAIN Pekalongan. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswwa tentang
profesionalsme dosen dalam mengajar.
Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian kali ini secara garis besar untuk menganalisa data yang diperoleh dari hasil pengukuran tentang persepsi mahasiswa jurusan Tarbiyah angkatan 2011 tentang profesionalisme dosen dalam mengajar, penulis menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 17,8 % responden memilih item jawaban A, kemudian 52,6 % responden memilih item jawaban B, selanjutnya 23% responden memilih item jawaban C, sedangkan 5,9 % responden memilih item
jawaban D, yang terakhir sebesar 0,7 % responden memilih item jawaban E. Dari
gambaran ini dapat peneliti simpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang profesionalisme dosen dalam mengajar ada pada kategori baik.
08SK082521.00 | SK PAI13.825 SUP p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain