TA PERBANKAN SYARIAH
TIDAK TERSAJI: Strategi Peningkatan Tabungan Mudharabah Dengan Pendekatan Marketing Mix [Studi Kasus Di BMT Al-Fataa Kecamatan Ulujami]
Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan
keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa. Pemasaran menjadi semakin
meningkatnya pengetahuan masyarakat. Pemasaran dapat dilakukan dalam rangka
menghadapi pesaing yang dari waktu ke waktu semakin meningkat. Para pesaing
justru semakin gencar melakukan usaha pemasaran dalam rangka memasarkan
produknya. Dalam menjalankan kegiatan pemasaran, BMT Al Fataa berusaha
memaksimalkan agar setiap produk yang diluncurkan atau dipasarkan berhasil
sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Maka pemasaran produk-produk tersebut
diperlukan juga adanyastrategi-strategi tertentu. Diantaranya dalam hal ini adalah
strategi dalam peningkatan tabungan mudharabah.
Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang di bahas dalam Tugas Akhir
(TA) ini adalah tentang pemasaran tabungan mudharabah pada saat ini di BMT Al
Fataa Kecamatan Ulujami dan peningkatan tabungan mudharabah dengan
pendekatan markerting mix di BMT Al Fataa Kecamatan Ulujami. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi peningkatan tabungan
mudharabah dengan pendekatan marketing mix di BMT Al Fataa kecamatan
Ulujami.
Jenis penelitian yang digunakan untuk menyusun Tugas Akhir ini adalah
penelitian lapangan. Dimana data-data dalam penelitian ini diperoleh dari studi
lapangan. Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, data
primer doperoleh dari hasil wawancara dengan pihak BMT Al Fataa yang
berkenan langsung dengan pembahasan masalah. Sedangkan data sekunder
diperoleh dari referensi berupa buku-buku, karya ilmiah, dan sumber-sumber lain.
Tehnik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi atau
pencatatan, wawancara, dan dokumentasi atau catatan tertulis. Analisis datanya
menggunakan metode analisa kualitatif yaitu setelah data terkumpul kemudian
diuaraikan dan dikumpulkan dengan metode deskriptif dan metode induktif.
Hasil penelitian Tugas Akhir ini adalah menjelaskan bahwa strategi
pemasaran yang dilakukan di BMT Al Fataa dalam meningkatan tabungan
mudharabah dengan pendekatan marketing mix meliputi 7p yaitu: produk
(product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion),
orang(people), bukti fisik (phisical evidence), dan proses (prosess)
00TA008212.00 | TA TA13.082 UMR s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain