SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tuna Grahita Pada Sekolah Menengah Pertama [SMPLB] Negeri Kendal
Latar belakang masalah judul tersebut adalah dalam permasalahan
pendidikan anak, kita tidak boleh membedakan antara anak yang normal
perkembangan jasmani dan rohaninya dengan anak yang mengalami kecacatan
fisik, seperti anak yang mengalami kelemahan mental atau sering disebut < Tuna
Grahita >. Sebagai warga negara anak tuna grahita tidak dideskriminasikan untuk
memparoleh pendidikan. Untuk mencapai hasil yang optimal dalam kegiatan
belajar mengajar diperlukan dalam penggunaan model pembelajaran yang sesuai
dengan kondisi siswa, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik.
Rumusan masalahnya adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di
SMPLB Negeri Kendal?, Bagaimana model pembelajaran alternatif untuk
menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Kendal?
Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Kendal?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model
pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Kendal. Sedangkan kegunaan penelitian ini
menumbuh kembangkan cakrawala berfikir kreatif dalam pembelajaran untuk
memperbaiki kinerja dan profesionalisme.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode obsservasi, metode interview, metode
serta metode dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan reduksi data dan
penarikan kesimpulan serta verifikasi}.
Hasil penelitian berdasarkan pengamatan bahwa Model pembelajaran PAI
pada anak tunagrahita di SMPLB Negeri Kendal meliputi pendekatan, strategi,
metode, teknik, media, evaluasi dan kurikulum. Pendekatan yang digunakan oleh
guru PAI di SDLB Negeri Kendal antara lain pendekatan klasikal individual dan
pendekatan individu. model pembelajaran alternatif untuk menyelesaikan
masalah-masalah pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Kendal adalah dengan
menggunakan metode pembelajaran secara bervariasi menurut kondisi dan tujuan
yang akan dicapai. Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran antara
lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode resitasi dan metode
demonstrasi
07SK079821.00 | SK PAI13.798 SUP m C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain