SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Every One Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Boyoteluk Tahun Pelajaran 2012/2013
Peningkatan kualitas pembelajaran baik dalam penguasaan materi maupun metode pembelajaran di kelas selalu diupayakan oleh guru. Salah satu upaya yang dilakukan dalam peningkatan kualitas pembelajaran yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang inovatif dan modern. Namun hal ini belum sepenuhnya dilakukan pada SDN 01 Boyoteluk Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan Latar belakang Permasalahan yang terjadi di SDN 01 Boyoteluk adalah rendahnya hasil belajar siswa yang dialami siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 pada hasil ulangan formatif siswa, nilai prestasi belajar siswa kelas IV hasil tes formatif dari jumlah siswa 19 yang tuntas 5 siswa (26%) dan 14 siswa (74%) belum tuntas, hal ini penulis terdorong untuk melakukan penelitian.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Everyone is a Teacher Here pada siswa kelas IV di SD Negeri 01 Boyoteluk Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013?, Bagaimanakah prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Everyone is a Teacher Here pada siswa kelas IV di SD Negeri 01 Boyoteluk Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013?. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Everyone is a Teacher Here pada siswa kelas IV di SDN 01 Boyoteluk Tahun Pelajaran 2012/2013, Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Everyone is a Teacher Here pada siswa kelas IV di SDN 01 Boyoteluk Tahun Pelajaran 2012/2013 Kegunaan penelitian ini Bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas bermanfaat untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya, Dengan melakukan PTK guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan sendiri, Bagi siswa Penelitian Tindakan Kelas bermannfaat untuk memperbaiki praktik pembelajaran dengan sasaran akhir memperbaiki belajar siswa, Penelitian Tindakan Kelas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, Dengan melakukan penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini adalah Jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam setiap siklus yang direncanakan dalam 3 siklus yaitu Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Pengumpulan data melalui metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan menghitung tingkat peningkatannya secara individu (nilai berupa angka) dengan ketuntasan belajar KKM 70 dan secara klasikal (prosentase), data hasil penilaian terhadap siswa kemudian dipersentase dengan kriteria secara klasikal adalah 80 % dari siswa tuntas. Hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan metode Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang Materi Menceritakan Kisah Nabi Ibrahim pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini terbukti dari mulai prasiklus siswa yang tuntas hanya 5 siswa atau 26,32 % dengan nilai rata-rata kelas 56,31, pada siklus I meningkat dengan jumlah ketuntasan siswa sebanyak 9 siswa atau 47,36 dengan nilai rata-rata kelas 63,42, pada siklus II lebih meningkat lagi dengan jumlah ketuntasan 15 siswa atau 78,96% dengan nilai rata-rata kelas 75,00, pada siklus III sudah mencapai ketuntasan sebanyak 19 siswa atau 100 % dengan nilai rata-rata kelas 82,10.
07SK079321.00 | SK PAI13.793 FAT p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain