SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Inovasi Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqh Pada Kelas Jalur Khusus [KJK] Di MTS Muhammadiyah Batang
Proses pendidikan yang sekarang ini menghendaki pembelajaran yang
memberdayakan semua anak didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan
dengan menerapkan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang
menyenangkan, berpusat pada anak didik/peserta didik, mengembangkan
kreativitas anak didik, bermuatan nilai, etika, estetika, logika dan kinestetika,
konstektual, efektif dan efisien, bermakna, dan menyediakan pembelajaran belajar
yang beragam.
Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah yaitu: Bagaimana
inovasi pembelajaran mata pelajaran fiqh pada kelas jalur khusus di MTs.
Muhammadiyah Batang. Bagaimana pelaksanaan inovasi pembelajaran mata
pelajaran fiqh pada kelas jalur khusus di MTs. Muhammadiyah Batang. Berangkat
dari rumusan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: Untuk
mengetahui inovasi pembelajaran mata pelajaran fiqh pada kelas jalur khusus di
MTs. Muhammadiyah Batang. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata
pelajaran fiqh pada kelas jalur khusus di MTs. Muhammadiyah Batang. Adapun
kegunaan dari penelitian ini adalah: pertimbangan bagi pada tenaga pendidik atau
calon pendidik agar dapat memilih, memahami dan menggunakan sistem
pembelajaran yang tepat bagi anak didiknya, guna peningkatan keaktifan anak
didik.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di MTs. Muhammadiyah
Batang, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif. Penulis mengambil kelas jalur khusus dengan penelitian menggunakan
metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam pendidikan kelas jalur
khusus yang memberikan sebuah warna pembelajaran yang menggunakan
pembelajaran berbasis multimedia, sistem billigual, dan sistem pembelajaran full
day. Pembelajaran yang inovatif memberikan pengaruh yang lebih pada anak
didik. Karena dengan adanya pembelajaran yang inovasi memberikan pengalaman
lebih pada anak didik dan memberikan pemahaman yang baik. Anak didik yang
tadinya merasa bosan dalam menerima pelajaran, setidaknya mereka dapat
mendapatkan nuansa pembelajaran yang berbeda dan menyenangkan. Dengan
inovasi-inovasi yang diperikan oleh guru pengajar, nantinya ada sebuah interaksi
anak didik untuk lebih mengenal dan mengetahui tentang pendidikan yang sedang
diajarkan.
Kesimpulannya bahwa dengan inovasi pembelajaran mata pelajaran fiqh
pada kelas jalur khusus (KJK) di MTs. Muhammadiyah Batang dapat memberikan
oase pendidikan terhadap anak didik itu sendiri, karena dengan inovasi, konsep,
dan model pembelajaran yang terbungkus dengan manajemen yang baik
diharapkan memberikan sebuah pembelajaran yang memberikan pengalaman
berguna bagi anak didik itu sendiri dan tentunya melahirkan generasi-generasi
yang bermutu
07SK078321.00 | SK PAI13.783 PRI i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain