SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI:Pemikiran Pendidikan Akhlak menurut Ibn Al Qayyim al Jauziyyah
Ibnu al Qayyim al Jauziyyah sering dipandang sebagai ulama alim yang membahas fiqh, akidah, kebersihan jiwa, tafsir, nahwu dan bahasa namun jika dikaji secara cermat dan seksama dalam buku-buku tulisannya, akan ditemukan beberapa isyarat, pandangan dan pertunjukan tentang pendidikan akhlak. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui pemikiran al Qayyim al juziyyah mengenai pendidikan akhlak sehingga, permasalahan yang dibahas meliputi bagaimana dasar, metode, tujuan dan pertanggungjawaban pendidikan akhlak menurut ibn al Qayyim al Jauziyyah dalam pendidikan Islam formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dasar pendidikan akhlak menurut ibn al Qayyim dalam pendidikan Islam formal adalah penafsiran tarbiyah dalam QS Ali Imraon : 79 yaitu pendidikan manusia dengan ilmu, berilmu dan mengamalkan ilmunya dan mengajar untuk mengembangkan ilmunya supaya sempurna dan memperhatikan anak didiknya.Tujuannya untuk merealisasikan penghambaan kepada Allah dengan sempurna dan cara yang paling baik. Metodenya adalah pembersihan diri dengan langkah-langkah pengosongan, menghias diri, mengaktifkan dan menyertakan anak dalam berbuat kebaikan. Pelatihan dan pembiasaan, memberi gambaran yang buruk tentang akhlak tercela, menunjukkan buah yang baik karena akhlak yang baik. Materinya adalah pembagian akhlak yaitu alami dan perolehan, timbangan akhlak, pokok-pokok akhlak. Penanggungjawab dalam pendidikan keluarga adalah orang tua, pendidik dan mereka yang beranggungjawab atas perawatan dan pendidikan anak. Dalam pendidikan umat secara umum antara lain, para rasul dan para ulama yang menjadi pewaris nabi.
07SK078132.00 | SK 2X5.1 MUF t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain