SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI....Hukum Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Berprestasi dan Pelaksanaannya dalam Pendidikan Islam Menurut Perspektif DR. Sylvia Rimm
Tanggung Jawab pendidikan Islam sesuai dengan dasar-dasar pendidikan modern terletak pada tiga pihak utama yaitu kelaurga, sekolah dan masyarakat. Dalam upaya mendidik, mencerdaskan dan mendewasakan anak harus diperhatikan aspek IQ dan EQnya. Faktor EQ sangat berpengaruh pada rasa percaya diri yang dimiliki anak didik dalam berprestasi. Dalam pengembangan kepercayaan diri anak diperlukan dukungan dari semua pihak. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini meliputi bagaimana pengembangan kepercayaan diri anak berprestasi menurut pendapat DR Sylvia Rimm, bagaimana pelaksanaan pendapat DR. Sylvia Rimm tentang hukum pengembangan kepercayaan diri anak berprestasi dalam pendidikan Islam dan bagaimana implikasinya Hukum RImm dalam sistem pembelajaran dan sistem kelembagaan dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri yang dimiliki anak didik akan memudahkannya dalam meraih prestasi yang gemilang, karena ia anak didik akan mampu mengetahui segala kemampuan yang dimilikinya dan termotivasi untuk mengembangkannya. Pengembangan rasa percaya diri dapat dimulai dari lingkungan keluarga yang mendukung, hangat penuh kasih sayang, menghargai dan memahami anak serta menerima apa adanya. Dalam pengembangan rasa percaya diri dapat dilakukan lewat perjuangan, pemberian kekuasaan secara bertahap dan dalam kompetisi sebagaimana yang dikemukakan oleh DR. Sylvia Rimm dalam Hukum Prestasi. Karena pada dasarnya anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang dewasa dan berprestasi jika anak dapat berhasil mengatasi dan menjawab tantangan yang ada, diberi kepercayaan untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuannya. Semua itu dapat menjadikan anak pecaya diri yang dapat memudahkannya berprestasi.
07SK078116.00 | SK 2X7.3 ANE t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain