SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Model dan kegiatan pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Pekalongan
Kurikulum merupakan pedoman dan landasan operasional bagi implementasi proses belajar mengajar di sekolah sekaligus merupakan alat dan sarana untuk mencapai tujuan dan cita-cita pendidikan. Kurikulum dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan guru di sekolah. Kenyataan yang terjadi, pada umumnya, hasil pendidikan yang diharapkan belum dapat tercapai, ditunjukkan dengan sebagian peserta didik memiliki tingkat pencapaian prestasi akademik yang belum memuaskan. Mengacu hal tersebut, permasalahan yang diajukan meliputi bagaimana model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama ISlam di SMP Negeri 11 Pekalongan, bagaimana kegiatan pengembangan Kurikulum pendidikannya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dan kegiatan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pengembangan kurikulum PAI di SMP Negeri 11 Pekalongan merupakan gabungan dari dua model pengembangan kurikulum yaitu The Administrative model dan the grass roots model. Sedangkan kegiatan pengembangan kurikulum PAI di SMP Negeri 11 Pekalongan dilakukan dengan membuat rencana pembelajaran, mengadakan rapat guru dan mempelajari buku-buku panduan dari MGMP dan dari Depag serta mempelajari buku-buku referensi yang relevan serta peningkatan mutu kualitas guru dengan langkah diadakannya penataran, lokakarya, seminar dan lain-lain.
07SK078085.00 | SK 373.2 MAW t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain