Skripsi
TIDAK TERSAJI..Efektifitas pelaksanaan kurikulum madrasah diniyah dalam membentuk akhlak murid (studi kasus di Madrasah Diniyah Kranji Kedungwuni Pekalongan)
Kurikulum sering diartikan sebagai alat untuk mencapai tujuan dengan serangkain kegiatan yang harus dipelajari oleh peserta didik mengenai tujuan, isi atau bahan pengajaran serta pedoman yang diberlakukan. Kurikulum yang didesain dan dilaksanakan secara optimal mampu menjadikan arah pendidikan menjadi jelas dalam membentuk akhlak murid yang masih mudah dipengaruhi oleh faktor yang ada disekelilingnya diantaranya faktor keluarga,lingkungan dan lembaga pendidikan. Mengacu hal tersebut, penelitian ini merumuskan permasalahan sebagai berikut bagaimana kurikulum Madrasah Diniyah Kranji Kedungwuni Pekalongan, bagaimana akhlak muridnya, dan bagaimana efektivitas kurikulum madrasah diniyah dalam pembentukan akhlak murid. Penelitian ini diharapkan berguna sebagai bahan informasi atau telaah bagi pihak madrasah dalam melaksanakan kurikulum pembelajarannya, tambahan wawasan penulis dan diharapkan nanti hasilnya bisa menjai masukan bagi pihak Madrasah diniyah dan para ustadz dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (studi kasus). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa kurikulum yang dirancang dan dilaksanakan oleh madrasah dniyah Kranji kedungwuni Pekalongan sudah cukup efektif. Hal ini sesuai dengan hasil angket yang disebarkan, menunjukkan bahwa susunan pelajaran yang sudah berkesinambungan, kesusuaian antara materi dengan kebutuhan murid, penggunaan metode yang bervariatif, tingkat kesopanan terhadap sesama teman, ustadz, orang tua dalam kategori baik. Sehingga efektivitas kurikulum Madrasah Diniyah Kranji Kedungwuni Pekalongan dalam membentuk akhlak cukup baik.
07SK078082.00 | SK 2X7.319 LAT t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain