SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh penggunaan metode ceramah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (Studi kasus kelas VII SMP Salafiyah kauman Pekalongan)
Dalam masyarakat yang dinamis, pendidikan memegang peranan penting yang menentukan eksistensi dan perkembangan masyarakat, oleh karenanya pendidikan merupakan usaha melestarikan dan mengalihkan serta mentransformasikan nilai-nilai kebudayaan dalam segala aspeknya kepada generasi penerus. Pemilihan metode pengajaran menjadi hal yang sangat menentukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang tepat dalam proses belajar mengajar, diantaranya adalah metode ceramah. Perumusan masalah yang dibahas adalah bagaimana penggunaan metode ceramah pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, bagaimana minat belajar siswa dan bagaimana pengaruh penggunaan metode ceramah terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa penggunaan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan tergolong cukup baik, sedangkan minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan tergolong cukup baik. Berdasarkan perhitungan statistik dengan rumus product moment menunjukkan adanya pengaruh yang cukup signifikan antara penggunaanmetode ceramah terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam.
07SK078069.00 | SK 371.39 CHA t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain