SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran VCD Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas V Di SDN 02 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar sebagai alat bantu dalam mencapai tujuan pembelajaran di sekolah Media pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar sebagai alat bantu dalam mencapai tujuan pembelajaran di sekolah.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, timbul permasalahan yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana penggunaan media pembelajaran VCD dalam pembelajaran PAI di SDN 02 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan, bagaimana minat belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan, bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran VCD dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran VCD dalam pembelajaran PAI di SDN 02 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan, untuk mengetahui minat belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran VCD dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah: secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengembangan pemikiran tentang peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran melalui media VCD khususnya pada mata pelajaran PAI, dan secara praktis, penelitian ini dapat bermanfaat sebagai berikut : Bagi sekolah, hasil penelitian ini di harapkan bermanfaat sebagai bahan dokumentasi historis dan bahan pertimbangan untuk mengambil langkah-langkah guna meningkatkan minat belajar siswa terutama pada bidang studi PAI di sekolah, dan bagi guru PAI, hasil penelitian ini sebagai masukan betapa pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa angka-angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan dikancah atau tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran VCD dalam pelajaran PAI efektif dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan adanya korelasi positif yang kuat antara penggunaan media pembelajaran VCD (variabel X) dengan minat belajar PAI siswa kelas V (variabel Y) karena karena nilai rxy sebesar 0,875 terletak pada interval 0,71–0,90 yang berarti antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang kuat. Selain itu, nilai rh = 0,875 lebih besar dari pada Ts 5%
maupun 1% yang berarti bahwa terdapat keefektivan antara penggunaan media pembelajaran VCD dengan minat belajar siswa kelas V SDN 02 Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan..
07SK077121.00 | SK PAI13.771 MAS e C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain