SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Studi Komparasi Kecerdasan Emosional Antara Siswa Santri Dan Non Santri Di SMP Plus Salafiyah Pemalang
Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu untuk mengenali
perasaannya sehingga dapat mengatur dirinya sendiri dan menimbulkan motivasi
dalam dirinya untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Sementara di lingkungan
sosial ia mampu berempati dan membina hubungan baik terhadap orang lain.
Kecerdasan emosional sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan tidak bersifat
menetap, untuk itu peranan lingkungan terutama orang tua di rumah dan guru di
sekolah sangat dibutuhkan dalam pembentukan EQ. kecerdasan emosional antara
siswa santri dan siswa non santri di SMP Plus Salafiyah tentu berbeda karena
factor lingkungan yang membentuk tidak sama.
Di dalam skripsi ini penulis merumuskan masalah sebagai obyek
pembahasan, yaitu Adakah perbedaan kecerdasan emosional antara siswa santri
dan non santri di SMP Plus Salafiyah Pemalang ?. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa santri SMP Plus Salafiyah
Pemalang, untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa non santri SMP Plus
Salafiyah Pemalang dan untuk mengetahui Perbedaan kecerdasan emosional
peserta didik yang berasal dari santri dan non santri SMP Plus Salafiyah Pemalang
Kelas VIII, Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun kegunaan dari penelitian ini
adalah dapat dijadikan pertimbangan bagi Pengelola Pondok Pesantren Salafiyah
Kauman Pemalang, Dalam meningkatkan kecerdasan emosional santri menuju
kondisi yang lebih baik, Sebagai sumbangan berupa bahan pertimbangan bagi
kepala sekolah dan guru SMP Plus Salafiyah Pemalang dalam meningkatkan
kecerdasan emosional peserta didik baik yang berasal dari santri maupun non
santri untuk menuju kondisi yang lebih baik dan Memberi gambaran kemampuan
peserta didik santri dan non santri pada aspek emosional.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif , pendekatan yang
menekankan analisanya pada data – data angka (numerical ) yang diolah dengan
metode statistika, sedangkan jenis penelitian yang digunakan Penelitian kausal
komparatif . Untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dengan
menempuh beberapa teknik pengumpulan data seperti kuesioner atau angket,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data,
penulis menggunakan rumus
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kecerdasan emosional
siswa santri di SMP Plus Salafiah, Pemalang dalam kategori baik, di mana nilai
mean yang diperoleh 58,94 terdapat antara interval (56 – 59) atau 14,74 %.
Sedangkan tingkat kecerdasan emosional siswa non santri di SMP Plus Salafiah
Pemalang dalam kategori baik, di mana nilai mean yang diperoleh 52,67 terdapat
antara interval (51 – 55) atau 10,53 %. Setelah penulis lakukan analisis tentang
perbandingan tingkat kecerdasan emosional antara siswa santri dan non santri di
SMP Plus Salafiah Pemalang menunjukkan hasil yang diperoleh t-observasi
sebesar 7,216 dan setelah dirujukkan ke tabel dengan taraf signifikansi untuk uji
kedua belah pihak adalah 1,980, maka hipotesis kerja yang penulis ajukan dapat
diterima kebenarannya. Berarti antara kecerdasan emosional siswa santri dan
kecerdasan emosional siswa non santri di SMP Plus Salafiah Pemalang terdapat
perbedaan yang signifikan. Ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang
signifikan tingkat kecerdasan emosional siswa santri dan siswa non santri di SMP
Plus Salafiah Pemalang.
07SK076221.00 | SK PAI13.762 ABD s C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain