SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Efektivitas Metode Storytelling Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Siswa Di RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan
Metode Storytelling merupakan metode yang sederhana namun dapat menarik interes seseorang lebih-lebih jika diterapkan untuk pendidikan anak-anak. Oleh karena itu, proses pendidikan pada anak dapat dilakukan oleh orang tua dan para pendidik melalui suri tauladan dengan contoh-contoh perilaku maupun dengan cerita-cerita yang dapat mendukung sikap dan nilai-nilai yang baik.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode storytelling di RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan? 2)Bagaimana efektifitas metode storyteling dalam meningkatkan kemampuan sosialisasi siswa RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan?, Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode storytelling di RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan, 2)Untuk mengetahui efektifitas metode storytelling dalam meningkatkan kemampuan sosialisasi siswa RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan, sedangkan kegunaan penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, khususnya tentang kegiatan storytelling dan kemampuan sosialisasi siswa
Metode Penelitian meliputi desain penelitian, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan penelitian lapangan. Fokus penelitian ini adalah mengenai efektifitas metode storytelling dan perkembangan sosial anak di RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analisis non statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Pelaksanaan Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Storytelling di RA Bustanul Iman Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan meliputi: a) Persiapan, meliputi persiapan pribadi dan persiapan teknis. b)Materi dan Penyampaian, beberapa materi diantaranya kisah tentang para Nabi dan Rasul; kisah teladan makhluk hidup dan kisah-kisah imajinasi lainnya. Setelah semuanya terkonsep dalam persiapan, materi-materi tersebut disampaikan dengan penuh seksama oleh pendidik di RA Bustanul Iman Pegandon. c)Media (Alat Peraga), antara lain: Buku Cerita, Boneka Tangan, Papan Tulis, dan Video Player. d) Evaluasi, yaitu dengan melakukan observasi dan tanya jawab pada saat kegiatan bercerita berlangsung dari awal sampai akhir. 2) Metode storytelling dapat meningkatkan kemampuan Sosialisasi Anak, yaitu bekerja sama, simpati, empati, dukungan sosial, berperilaku akrab, berperilaku meniru, berperilaku bersaing, berperilaku berbagi, komunikasi dan mengungkapkan pendapat.
07SK076021.00 | SK PAI13.760 NAF e C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain