SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Ibadah Shalat Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kertosari Ulujami Pemalang
Pada hakekatnya manusia dilahirkan akan terus tumbuh dan berkembang untuk mencapai kesempurnaan. Proses tumbuh dan berkembangnya manusia dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri (internal) dan dari luar atau lingkungan (eksternal). Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya anak adalah pendidikan pada anak. Pendidikan dapat membantu proses berkembangnya seseorang menuju tahap kesempurnaan diri, begitu pula pendidikan bagi anak. Pendidikan bagi anak sangat penting dan perlu adanya penanganan yang lebih serius, hal ini terjadi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal kertosari, berdiri tahun 1983. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ibadah sholat yaitu dengan metode demonstrasi. Implementasi metode demonstrasi ini anak menjadi aktif dan bisa bebas mengekspresikan perasaannya tanpa adanya penekanan dalam pembelajaran. Melihat realita di atas muncul pemikiran untuk mengkaji pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK Aisyiyah Bustanul Athfal dengan judul {Implementasi Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Ibadah Shalat di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kertosari Ulujami Pemalang.}
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1. Bagaimana pembelajaran ibadah shalat 2. Bagaimana implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran ibadah shalat 3. Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat metode demonstrasi dalam pembelajaran ibadah shalat di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kertosari Ulujami Pemalang. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran ibadah sholat, Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran ibadah sholat melalui metode demonstrasi di TK Aisyiyah Kertosari Ulujami Pemalang. Sedangkan manfaat dari hasil penelitian adalah mengembangkan keilmuan dan memperkaya khazanah kepustakaan Islam sebagai literatur akademis, sebagai kajian ilmu pendidikan dalam mengembangkan pemikiran dan masalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam pembelajaran ibadah shalat, memberikan konstribusi keilmuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, memberikan gambaran yang jelas tentang metode pembelajaran demonstrasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kertosari Ulujami Pemalang.
Metode penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian fiel research, sumber datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan data observasi, interview, dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan induktif.
Adapun hasil penelitian ini adalah : 1. Pembelajaran ibadah shalat di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kertosari Ulujami Pemalang, yaitu :anak didik telah mampu mempraktekkan gerakan shalat dengan benar dengan disertai ucapan dalam gerakan. 2. Implementasi metode demonstrasi, Yaitu : anak didik menjadi aktif sehingga anak merasa senang, tidak merasa ditekan untuk belajar karena diberi kebebasan untuk mengekspresikan segala ide yang dimilikinya. 3. faktor pendukung anak sudah mempunyai dasar gerakan shalat, faktor penghambat anak didik dan kelas menjadi ramai dan orang tua ikut campur dalam pembelajaran. Penggunaan
07SK075821.00 | SK PAI13.758 TUR i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain