SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Respon Orang Tua Terhadap Pendidikan Di MI Islamiyah Candiareng Warungasem Batang
Pendidikan di MI Islamiyah Candiareng Warungasem Batang.
Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, orang
tua dan masyarakat, maka diharapkan setiap komponen melakukan reposisi yang
mengarah kepada aspirasi dalam bentuk partisipasi masyarakat terhadap
penyelenggaraan pendidikan. Respon orang tua dalam dunia pendidikan sangatlah
penting sebab respon orang tua merupakan alat untuk mengubah citra masyarakat
awam terhadap pengertian salah tentang kebijaksanaan sekolah. Respon orang tua
dalam dunia pendidikan merupakan titik tolak untuk bekerjasama dalam usaha
meningkatkan mutu pendidikan serta meningkatkan hubungan erat antara sekolah
dengan masyarakat.
Adapun rumusan masalah adalah bagaimana pendidikan di MII
Candiareng?, bagaimana respon orang tua terhadap pendidikan di MII
Candiareng?. adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
pendidikan di MI Candiareng, dan untuk mengetahui bagaimana respon orang tua
terhadap pendidikan di MII Candiareng. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara
teoritis hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumbangsih pemikiran
pengetahuan tentang sistem pendidikan, sebagai bahan penunjang serta arahan
dalam peningkatan mutu sekolah sebagai nilai jual suatu lembaga
pendidikan.diharapkan. Secara praktis dengan penelitian ini diharapkan dapat
mengetahui sistem pendidikan di MI Islamiyah Candiareng, dan berharap lebih
dapat mengerti dan memahami mengenai jawaban atau penilaian dari masyarakat
desa Candiareng terhadap sistem pendidikan di MIICandiareng, sehingga dapat
penulis terapkan dan jadikan sebagai sumbangan saran dalam bentuk hasil
penelitian untuk membenahi dan menjadikan MII Candiareng selangkah lebih
maju
Penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan
jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan
kualitatif, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisa data yang peneliti pakai dalam penelitian ini adalah
analisa deskriftif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan di MII Candiareng
dilaksanakan berdasarkan komponen-komponen pembelajaran yang ada
diantaranya yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode
pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan
respon orang tua merupakan tanggung jawab seluruh komponen, baik sekolah,
orang tua, maupun masyarakat bahkan pemerintah. Jika masing-masing
komponen tersebut dapat saling bekerja sama maka dapat terwujud sistem
pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang dapat membangun
generasi yang berkualitas sesuai dengan bakat, minat, dan potensi yang ada pada
diri siswa. Bahwa keadaan masyarakat Desa Candiareng sangat mendukung
terhadap Sistem Pembelajaran di MII Candiareng. Masyarakat ingin agar sekolah
sebagai sarana pendidikan yang dapat membuat peserta didik mampu
mengembangkan bakat, minat, dan potensi yang dimilikinya.
07SK074821.00 | SK PAI13.748 TOW r C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain