SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pendidikan Kreativitas Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan
Kreativitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, metode, ataupun produk baru yang efektif yang bersifat imajinatif, estetis, fleksibel, integrasi, suksesi, diskontinuitas, dan diferensiasi yang berdaya guna dalam berbagai bidang untuk pemecahan suatu masalah. Kreativitas perlu dikembangkan sejak dini, karena anak usia dini masih peka terhadap rangsangan.
Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan kreativitas anak di RA Muslimat NU Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan?. Sedangkan kegunaannya adalah untuk menambah wawasan dalam mengembangkan kreativitas anak bagi para pendidik (guru maupun orang tua), pembaca dan penulis pada khususnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan metode berfikir induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan kreativitas anak usia dini di RA Muslimat NU Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan berjalan dengan baik, karena guru telah melaksanakan beberapa hal untuk meningkatkan kreativitas anak. Di antaranya guru mempersiapkan rencana kegiatan harian (RKH) ketika akan mengajar, dalam proses belajar mengajar guru juga memilih metode yang bervariasi sesuai tema pelajaran, serta guru dalam mengajar selalu berpedoman pada kurikulum yang berlaku. Sedangkan bentuk kreativitas anak di RA Muslimat NU Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan ini berbeda-beda antara anak yang satu dengan anak yang lainnya.
07SK074621.00 | SK PAI13.746 KHO p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain