SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Semester I MI Mambaul Ulum Ujungrusi Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Skenario pembelajaran yang monoton, tidak inovatif yang terlihat dari kurang
tepatnya penggunaan metode pembelajaran dan kurangnya alat peraga yang disajikan serta
kurangnya pemahaman siswa tentang konsep materi peristiwa alam dan pengaruhnya
terhadap kehidupan social, menyebabkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran
sangat rendah.
Permasalahan yang diangkat penulis melalui skripsi ini adalah apakah dengan
menggunakan media gambar peristiwa alam dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV
semester II MI Mambaul Ulum Ujungrusi Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun
Pelajaran 2012 /2013.
Penelitian melalui PTK ini bertujuan untuk mengukur adanya peningkatan hasil
belajar dan aktifitas siswa penggunaan media gambar peristiwa alam. Manfaat dari penelitian
ini adalah siswa termotivasi dan menumbuhkan sikap positif terhadap pelajaran IPS dalam
meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa, serta siswa merasa senang terhadap proses
pembelajaran karena mendapat perhatian khusus bagi guru.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Ujugrusi Kecamatan
Adiwerna Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 9
siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar,
dan hasil belajar siswa melalui penggunaan gambar peristiwa alam. Penelitian ini
dilaksanakan melalui 2 siklus. Dimana setiap siklus terdiri atas : Perencanaan, Pelaksanaan,
Pengamatan dan Refleksi. Cara pengambilan data untuk keaktifan dan ketrampilan siswa
dilakukan melalui pengamatan sesuai dengan indikator-indikator yang terdapat pada lembar
pengamatan. Sedangkan hasil belajar melalui tes evaluasi.
Hasil penelitian ini yaitu, pada siklus I, keaktifan siswa termasuk kategori cukup
aktif, ketrampilan siswa cukup terampil dan hasil belajar siswa diperoleh ketuntasan belajar
secara klasikal 70,59% atau 12 dari 17 siswa dengan rata-rata nilai 72,35. Kemudian pada
kegiatan perbaikan pembelajaran siklus II, hasil yang diperoleh yaitu keaktifan siswa
meningkat lebih baik dibandingkan siklus I, siswa sudah terampil dalam pembelajaran, dan
hasil belajar siswapun naik secara signifikan yaitu ketuntasan belajar secara klasikal 94,12%
(sebanyak 16 dari 17 siswa) dengan rata-rata nilai 80. Dari hasil yang diperoleh tersebut,
sudah dapat dikatakan penelitian yang dilaksanakan penulis berhasil, karena ketuntasan
klasikal belajar siswa sudah di atas 80%, dan penulis tidak melanjutkan ke siklus selanjutnya.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran pada
materi pokok tentang peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial melalui
penggunaan media gambar persitiwa alam dapat meningkatkan aktivitas, ketrampilan dan
hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran materi tersebut disarankan untuk
menggunakan media gambar.
07SK074321.00 | SK PAI13.743 UMA p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain