SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Melalui Metode Hafalan Pada Kelas X Di SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2011-2012
Prestasi belajar merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh siswa sehingga dapat diukur dan hasil pengukurannya berupa skor atau angka, hasil yang diperoleh dari tes tersebut merupakan prestasi belajar. Pada kelas X di SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2011 / 2012, prestasi mata pelajaran Al-Quran Hadits nilai perolehan masih banyak yang kurang memenuhi KKM, sehingga peneliti ingin meneliti pembelajaran dengan menggunakan metode Hafalan, dimana setiap peserta didik harus menguasai dan menghafal ayat-ayat yang dijadikan materi pembelajarannya. Menurut Djamarah dan Zein suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahasan pengajaran dinyatakan berhasil apabila indikator kompetensi dapat tercapai.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah bagaimana pelaksanaan penggunaan metode hafalan pada siswa kelas X SMK Diponegoro Karanganyar, Kabupaten pekalongan, bagaimana prestasi siswa kelas X SMK Diponegoro Karanganyar, Kabupaten pekalongan pada mata pelajaran Al-Quran Hadits setelah menggunakan metode hafalan, dan mengapa metode hafalan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK Diponegoro Karanganyar, Kabupaten pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode hafalan pada siswa kelas X di SMK Diponegoro Karanganyar, Kabupaten pekalongan, untuk mengetahui prestasi siswa kelas X SMK Diponegoro Karanganyar, Kabupaten pekalongan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan untuk mengetahui pengaruh metode hafalan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits di SMK Diponegoro Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut : yang pertama adalah kegunaan teoritis yaitu memberikan kontribusi keilmuan yang bermanfaat dalam dunia pendidikan mengenai pembelajaran kooperatif dengan metode hafalan, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Yang kedua adalah kegunaan praktis, yaitu sebagai masukan bagi guru Al-Quran Hadits dalam menentukan metode mengajar yang tepat sesuai dengan materi yang bersangkutan, dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mengenai hasil dari tindakan tersebut, dengan demikian teknik pengumpulan data yang
dipakai oleh peneliti adalah perencanaan, Implementasi tindakan, dan observasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan, adapun yang menjadi subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas X SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan yang jumlahnya 12 orang perempuan (siswi) dan 28 orang laki-laki (siswa). Sedangkan analisis data diperoleh dari proses penelitian tindakan berulang atau (siklus), sehingga diperoleh pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam Menghafal Al-Quran. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Tiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat rencana, tindakan, observasi, dan refleksi.
Kemudian berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadits melalui metode hafalan pada siswa kelas X di SMK Diponegoro Karanganyar Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2011/2012, dapat disimpulkan sebagai berikut : Penggunaan metode hafalan dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits pada peserta didik kelas X SMK Diponegoro Karanganyar, tahun pelajaran 2011/2012 dari hasil pertemuan pra siklus sampai siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan hasil tes siswa dari sebelum penggunaan metode hafalan nilainya masih banyak di bawah KKM yang ditentukan yaitu 75, meningkat di atas KKM 75. Dan dari penggunaan metode hafalan, para peserta didik mampu memahami isi dari ayat-ayat yang menjadi materi pembelajaran, prestasi belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits di SMK Diponegoro Karanganyar, Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2011/2012 dengan penggunaan metode hafalan mendapatkan nilai rata-rata 76,72 berada 1,72 di atas KKM yang ditentukan, yaitu 75.00. Dalam penelitian tindakan kelas ini, ditemukan bahwa pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada kelas X di SMK Diponegoro Karanganyar, Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan metode hafalan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari pertemuan pra siklus yang sebelumnyabelum memakai metode hafalan masih banyak dari peserta didik yang belum mencapai nilai KKM, baru pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I meningkat 7,78 point dari hasil sebelumnya yang dilakukan sebelum penggunaan metode hafalan (pra siklus) nilai rata-rata kelasnya 67,72 menjadi 75,50 pada siklus I. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelasnya meningkat lagi menjadi 76,72. Meningkat 1,22 dari hasil siklus I
07SK074221.00 | SK PAI13.742 MIF p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain