SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Analisis Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di TK Pertiwi Podo Kedungwuni Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pada kenyataannya orang tua tidak
semuanya mampu dalam membina anaknya sendiri baik karena pengetahuannya
yang terbatas ataupun tidak memiliki waktu yang luang untuk membina anaknya
secara intensif. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah lembaga pendidikan
yang membantu orang tua dalam mendidik dan membina anak-anaknya tentang
agama Islam mulai dari usia sedini mungkin. TK Pertiwi Podo merupakan
lembaga pendidikan yang secara berkesinambungan telah melaksanakan kegiatan
keagamaan dalam setiap program pembelajarannya. Hal inilah yang
membedakan antara TK Pertiwi dengan Taman Kanak-kanak (TK) yang lain di
wilayah Kedungwuni. TK Pertiwi Podo memasukkan pendidikan agama Islam
dalam satuan kurikulum pembelajarannya, sehingga diharapkan pengetahuan
tentang agama Islam dapat ditanamkan sejak anak usia dini.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka ada beberapa
rumusan masalah yang akan dicari jawabanya dalam penelitian ini yaitu
bagaimana materi dan metode pendidikan Agama Islam di TK Pertiwi
Podo Kedungwuni Pekalongan dan bagaimana tujuan pendidikan agama Islam
di TK Pertiwi Podo Kedungwuni Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui materi dan metode pendidikan PAI di TK Pertiwi Podo Kedungwuni
Pekalongan, dan untuk mengetahui tujuan pendidikan agama Islam di TK
Pertiwi Podo Kedungwuni Pekalongan. Penelitian ini memiliki kegunaan antara
lain dari segi teoritis, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai
sumbangan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan khususnya dalam
pendidikan dan pembinaan agama Islam. Sedangkan ditinjau dari segi praktis,
penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi guru dalam memberikan bimbingan dan
pembinaan agama Islam bagi anak- anak usia dini, dan sebagai pertimbangan
bagi guru dalam mengambil langkah- langkah pendidikan agama Islam bagi anak
di Taman Kanak-kanak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, dengan metode
deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif yaitu peneliti
menganalisis masalah berangkat dari kasus-kasus yang bersifat khusus
berdasarkan pengalaman nyata untuk kemudian dirumuskan menjadi konsep
teori, prinsip, proposisi, atau definisi yang bersifat umum. Adapun metode yang
digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan penyelenggaraan Pendidikan
Agama Islam di TK Pertiwi Podo Kedungwuni yaitu untuk menumbuhkan
dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan,
penghayatan, pengalaman sudah dapat dilaksanakan secara baik. Hal ini ditandai
dengan pelaksanaan pendidikan agama Islam di TK Pertiwi Podo Kedungwuni
yang meliputi materi kegiatan bidang fikih, akhlak, tarikh, dan Al-Quran. Selain
itu, dalam pelaksanaanya didukung dengan metode-metode yang efektif seperti
metode pembiasaan, ceramah, tanya jawab, resitasi, cerita, demonstrasi, dan
metode keteladanan.
07SK074121.00 | SK PAI13.741 AMA a C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain