SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Studi Komparasi Motivasi Belajar Anak Dalam Keluarga Guru PNS Dan Non PNS Di Desa Karangjati Kecamatan Wiradaesa Kabupaten Pekalongan
Motivasi merupakan dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk
berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi
kebutuhan. Dorongan itu hanya mungkin muncul dalam diri anak manakala anak
membutuhkan, anak yang merasa butuh akan bergerak dengan sendirinya untuk
memenuhi kebutuhannya. Cara-cara yang ditempuh orang tua dalam memberikan
motivasi kepada anak berbeda-beda baik itu dari keluarga guru PNS maupun Non
PNS. Sedangkan motivasi sangat di butuhkan anak terutama motivasi yang
diberikan dari keluarga.
Penulis mengajukan permasalahan bagaimana motivasi belajar anak
dalam keluarga guru PNS, bagaimana motivasi belajar anak dalam keluarga Non
PNS, dan bagaimana tingkat perbedaan motivasi belajar anak dalam keluarga guru
PNS dan Non PNS di Desa Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten
Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat
perbedaan motivasi belajar anak dalam keluarga guru PNS dan Non PNS. Dari
penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang tingkat pesamaan
dan perbedaan motivasi belajar anak dalam keluarga guru PNS dan Non PNS, dan
dapat memberikan wawasan dan wacana bahwa peran keluarga dibutuhkan untuk
memotivasi anak dalam belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jelas field
research yang difokuskan pada studi kasus. Metode penelitian yang peneliti
gunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi, wawancara,
dokumentasi dan metode analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis
komparasional tes .
Dari hasi penelitian di lapangan, penulis membuat kesimpulan bahwa tidak
terdapat perbedaan mean yang signifikan antara motivasi belajar anak dalam
keluarga guru PNS dan Non PNS di Desa Karangjati Kecamatan Wiradesa
Kabupaten Pekalongan. Hal ini di buktikan dari hasil perhitungan menggunakan
teknik analisis tes , dan di dapat t
o
= 0,12, sedangkan t
t
pada taraf signifikan 5%
adalah 2,086 dan pada taraf 1% adalah 3,153. Dengan demikian nilai t
o < tt
(2,086
< 4,57 > 3,153). Ini berarti ha ditolak terdapat perbedaan mean yang
signifikan antara motivasi belajar anak dalam keluarga guru PNS dan Non PNS di
Desa Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
07SK073821.00 | SK PAI13.738 EKA s C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain