SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Anak-Anak Di Kelurahan Purwoharjo Kecamatan Coaml Kabupaten Pemalang
Pendidikan Agama Islam harus dijadikan dasar dari pendidikan spiritual
anak,dan orang tualah yang memikul tanggung jawab yang terbesar. Sebagian
besar dari keluarga di Kelurahan Purwoharjo Kecamatan Comal belum mampu
melaksanakan tugasnya dalam pembinaan pendidikan agama Islam pada anak-anaknya. Jalan keluarnya mereka menyuruh dan mengarahkan anak-anaknya
belajar yang kebanyakan dilaksanakan di pengajian-pengajian. Namun mutu
pengajian tidak atau kurang dipertanggung jawabkan sehingga hasilnya pun
menjadi kurang dan tidak memenuhi harapan orang tua.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dari penelitian
ini adalah bagaimana pembinaan pendidikan Agama Islam pada anak-anak di
Kelurahan Purwaharjo Kecamatan Comal, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat pelaksanaan pendidikan Agama Islam di Kelurahan Purwoharjo
Kecamatan Comal, dan bagaimana upaya peningkatan pendidikan Agama Islam
pada anak-anak di Kelurahan Purwoharjo kecamatan Comal. Adapun tujuan yang
ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan
agama Islam pada anak-anak, faktor pendukung dan penghambat pendidikan
agama Islam pada anak-anak, dan upaya peningkatan pendidikan agama Islam
pada anak- anak di Kelurahan PurwoharjoKecamatan Comal. Kegunaan penelitian
ini secara teoritis diharapkan dapat menambah kepustakaan yang berupa hasil
penelitian dengan harapan dapat dijadikan acuan karya ilmiah yang akan datang
serta kegunaan praktis sebagai wacana cara mengupayakan peningkatan
pendidikan Agama Islam pada anak-anak di Kelurahan Purwoharjo Kecamatan
Comal.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif yaitu pendekatan yang tidak menggunakan angka dalam penyajian data.
Dan jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan sebab data-data
dikumpulkan dari lapangan langsung terhadap obyek yaitu Kelurahan Purwoharjo
Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Dilihat dari sifat penelitian, maka
penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan
menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan
dilapangan. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini metode yang digunakan
adalah metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi dan metode
analisis data. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan cara bertahap secara
berurutan dan interaksi dengan menggunakan analisis deskriptif.
viii
Hasil penelitian diketahui bahwa pembinaan pendidikan agama Islam di
Kelurahan Purwoharjo Kecamatan Comal masih kurang memperhatikan materi
agama Islam secara praktis yang dapat diamalkan sesuai tingkat umurnya, dan
materi yang diberikan lebih menitikberatkan pada mempelajari Alquran Qiroah.
Faktor yang mendukung adalah banyaknya fasilitas atau sarana dalam pendidikan
agama Islam dan tingkat pendidikan orang tua sudah baik sehingga mampu
berperan aktif dalam pembinaan pendidikan agama Islam untuk anak-anaknya.
Adapun faktor penghambatnya adalah guru mengaji kurang memperhatikan
materi didaktik, metodik dan psikologi anak serta kurangnya partisipasi dari orang
tua. Upaya peningkatan pendidikan agama Islam pada anak-anak dengan sistem
terpadu sehingga dapat menghayati agama secara utuh yang membantu dalam
pengamalannya, memberikan materi agama Islam disesuaikan dengan tingkat
umurnya serta menanamkan kesadaran pada orang tua pentingnya partisipasi dan
kontrol terhadap pendidikan Agama Islam yang diterima anak. Dapat diambil
kesimpulan bahwa dalam pembinaan pendidikan Agama Islam harus
memperhatikan psikologi jiwa anak dan pemberian materi dengan sistem terpadu
sehingga dapat menghayati dan mengamalkan Pendidikan Agama Islam secara utuh.
07SK073621.00 | SK PAI13.736 TAR p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain