SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Penggunaan Media Buku Bacaan Bergambar Terhadap Peningkatan Minat Membaca Anak Didik Kelas I dan II Di SDIT Ulul Albab Pekalongan
Kreativitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, metode, ataupun produk baru yang efektif yang bersifat imajinatif, estetis, fleksibel, integrasi, suksesi, diskontinuitas, dan diferensiasi yang berdaya guna dalam berbagai bidang untuk pemecahan suatu masalah dalam proses pendidikan, antara lain Media merupakan suatu hal yang penting bagi penunjang pendidikan, dari media tersebut mempermudah penyampaian pendidik terhadap peserta didik, sehingga mempermudah peserta didik dalam menerima materi yang disampaikan.
Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah bagaimana penggunaan media buku bacaan bergambar pada anak didik kelas I dan II di sdit ulul albab pekalongan?, bagaimana minat membaca anak didik kelas I dan II di sdit ulul albab pekalongan terhadap media buku bacaan bergambar?, dan Bagaimana pengaruh penggunaan media buku bacaan bergambar terhadap peningkatan minat baca anak didik kelas I dan II di SDIT Ulul Albab Pekalongan?. Sedangkan kegunaannya adalah untuk menambah wawasan dalam mengembangkan kreativitas pendidik dalam memberikan media yang diharapkan peserta didik dan bermanfaat untuk (guru maupun orang tua), pembaca dan penulis pada khususnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil dari penelitian memberikan kesimpulan bahwa pengaruh penggunaan media buku bacaan bergambar terhadap peningkatkan minat membaca anak didik di sdit ulul albab pekalongan, berdasarkan analisis korelasi product moment diperoleh nilai ro sebesar 0.961 dan setelah dikonsultasikan N= 127 diperoleh angket batas rt sebesar 0.175 untuk taraf signifikansi 5% dan sebesar 0.228untuk taraf signifikansi 1%. Ternyata hipotesis yang diajukan, yaitu dapat diterima kebenarannya baik taraf signifikansi 5% maupun 1%. Jadi penggunaan media buku bacaan bergambar terhadap peningkatan minat baca anak terdapat korelasi positif yang signifikan, antara penggunaan media buku bacaan bergambar terhadap minat baca anak.
07SK073521.00 | SK PAI12.735 MUB p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain