SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Konsep Pendidikan Toleransi Beragama Dalam Perspektif M. Quraish Shihab
Banyaknya konflik yang terjadi dimasyarakat akhir-akhir ini, karena hilangnya toleransi antar agama. Pada sisi ini, ajaran pemahaman agama bisa menjadi salah satu faktor timbulnya konflik yang ada di masyarakat. Pendidikan merupakan salah satu cara yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi pengaruh negatif dari kemajemukan bangsa ini. Oleh karena itu, pendidikan toleransi bisa menjadi sebuah terobosan baru dalam rangka menciptakan iklim kehidupan beragama yang lebih harmonis dan penuh toleransi. M. Quraish Shihab, merupakan tokoh Islam sekaligus mufasir yang memiliki perhatian yang besar dalam hal pendidikan yang perlu dilestarikan termasuk dalam hal pendidikan toleransi beragama.
Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana pendidikan toleransi beragama dalam Islam? Bagaimana konsep pendidikan toleransi beragama menurut M. Quraish Shihab. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Pendidikan toleransi beragama dalam Islam, Konsep pendidikan toleransi beragama menurut M. Quraish Shihab. Adapun kegunaannya adalah dapat mengaktualisasikan dan mengkaji khazanah pustaka pendidikan khususnya tentang pendidikan toleransi beragamaan menurut M. Quraish Shihab, untuk memotivasi serta menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca. Serta memperoleh pemahaman dalam pendidikan toleransi beragama.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan secara kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah library research (penelitian kepustakaan). Karena penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, maka data yang dihasilkan diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber primer yang terdiri dari karya-karya dan pemikiran M. Quraish Shihab, dan sumber sekunder yang terdiri dari buku-buku yang penunjang. Dan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis conten (kajian isi) dan metode deskriptif.
Kesimpulkan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan toleransi beragama adalah pendidikan yang dilakukan untuk membimbing serta mengajarkan peserta didik dalam hidup saling berdampingan, saling tolong-menolong, menghargai, dan menghormati dalam sebuah perbedaan penganut agama, tanpa ada saling mencaci maki dan memaksa diantara peserta didik serta mengajarkan peserta didik untuk saling mengedepankan sikap toleransi. Sedangkan konsep pendidikan toleransi beragama yang ditawarkan M. Quraish Shihab yaitu peserta didik harus mempunyai sikap saling menghargai, sikap saling menghormati, mempererat tali persaudaraan, dan kerjasama tanpa mengenal perbedaan.
07SK073221.00 | SK PAI12.732 SUS k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain