SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pelaksanaan Sistem Full Day School Di SD Islam Terpadu Ulul Albab Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013 [Studi Analisis Metode Pembelajaran]
Dalam pelaksanaan full day school di SD Islam Terpadu Ulul Albab Kota Pekalongan, metode pembelajaran merupakan suatu komponen yang mempunyai kedudukan penting dalam mencapai suatu keberhasilan yang dirumuskan. Sehingga pemilihan metode belajar mengajar dapat menentukan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Skripsi ini mengangkat tentang studi analisis pelaksanaan metode pembelajaran sistem full day school di SD Islam Terpadu Ulul Albab Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran sistem full day school di SD Islam Terpadu Ulul Albab Kota Pekalongan dalam kajiannya juga dibahas mengenai faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan metode pembelajaran sistem full day school di SD Islam Terpadu Ulul Albab Kota Pekalongan. Jenis penelitian skripsi ini ialah field research [penelitian lapangan] dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dikaji secara kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Seluruh kajiannya adalah deskriptif di mana peneliti menggambarkan kegaiatn penelitian yang dilakukan pada obyeknya secara jelas dan sistematis. Sementara untuk teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk jenis analisis data penulis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran sistem full day school di SD Islam Terpadu Ulul Albab Kota Pekalongan sudah berjalan dengan baik, indikasinya adalah guru bisa mengakomodasikan hampir semua metode pembelajaran yang ada sehingga kegiatan belajar mengajar lebih bervariatif agar murid tidak merasa jenuh dan kegiatan belajar mengajar terasa lebih asyik dan seru karena ada permainan yang mendidik bagi para siswa jadi para siswa itu seakan-akan sedang bermain padahal di dalamnya siswa sesungguhnya sedang belajar. Kaitannya dengan faktor-faktor pelaksanaan metode pembelajaran sistem full day school, baik faktor pendukung maupun faktor penghambat dapat disimpulkan bahwa dari sisi siswa, guru maupun teknis masing-masing memiliki pengaruh terhadap pelaksanaan metode pembelajaran sistem full day school. Di mana dalam pelaksanaannya banyak hal-hal yang menghambat pelaksanaan metode pembelajaran sistem full day school tersebut, seperti terkadang mood atau semangat belajar anak yang naik-turun dan perlunya persiapan rencana pembelajaran yang benar-benar matang, sehingga guru perlu tenaga dan pikiran ekstra untuk membuat alat atau media yang mendukung pelaksanaan metode pembelajaran. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya tes awal masuk dengan MIR [Multiple Intelegence Riset] yaitu suatu tes untuk membedakan gaya belajar siswa, adanya interaksi antara guru dan murid yang terjalin dengan baik, keterlibatan siswa dalam belajar mengajar yang sangat diperhatikan guru, Rencana Pokok Pembelajaran [RPP] selalu Up To Date dan Lesson Plan punya ciri tersendiri, adanya pertemuan Forum Komunikasi Orang Tua Murid-Guru [FKOMG] setiap 1 bulan sekali, serta sarana dan prasarana yang cukup memadai.
07SK073121.00 | SK PAI12.731 ASH p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain