SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Siswa [Studi Kasus di MIM Donowangun 01 Talun Pekalongan]
Keteladanan dalam pendidikan merupakan metode yang berpengaruh dan terbukti paling berhasil dalam mempersiapkan dan membentuk aspek moral, spiritual, dan etos sosial anak. Mengingat pendidik adalah seorang figur terbaik dalam pandangan anak, yang tindak-tanduk dan sopan-santunnya, disadari atau tidak, akan ditiru oleh mereka. Bahkan bentuk perkataan, perbuatan dan tindak-tanduknya, akan senantiasa tertanam dalam kepribadian anak. Pembentukan akhlak yang mulia Islam menetapkan bahwa pendidikan akhlak adalah jiwa pendidikan agamaIslam, pencapaian akhlak yang sempurna merupakan tujuan pendidikan sebenarnya dan pada akhirnya dengan akhlak yang mulia manusia akan bisa mewujudkannya, semua itu adalah proses pengembangan seluruh potensi baik lahir maupun batin menuju pribadi yang utama (insan kamil) yaitu sebagai manifestasi penyerahan mutlak pada Allah SWT.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1. Bagaimana keteladanan guru di MIM Donowangun 01 Talun Pekalongan? 2. Bagaimana akhlak siswa kelas IV, V, VI di MIM Donowangun 01 Talun Pekalongan? 3. Bagaimana pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak siswa kelas IV, V, VI di MIM Donowangun 01 Talun Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengggunakan rumus product moment. Penelitian kuantitatif dilandasi pada suatu asumsi bahwa suatu gejala itu dapat diklasifikasikan, dan hubungan gejala bersifat sebab akibat. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus. Studi kasus yaitu penyelidikan mendalam mengenai suatu unit sosial sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambaran yang terorganisasikan dengan baik dan lengkap mengenai unit sosial tersebut. Jumlah populasi dari kelas I-VI berjumlah 198 siswa, kemudian diambil sampel kelas IV. V, VI berjumlah 101 dengan menggunakan metode pengumpulan data metode observasi, angket, interview dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian , diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak siswa MIM Donowangun 01 Talun Pekalongan.
Setelah diuji dengan taraf signifikan 5% rxy = 0,551 > 0,195 dan pada taraf signifikan 1% rxy = 0,551 > 0,256 dan dikualifikasi nilai rxy = 0,551 dan N =101, dimasukkan dalam penggolongan tentang tinggi rendahnya koefisien korelasi termasuk kelompok antara 0,41-0,70 yang berarti cukup. Ini berarti bahwa hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini terbukti dengan hasil korelasi cukup dan hasilnya adalah positif yaitu 0,551.
07SK072721.00 | SK PAI12.727 SHO p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain