SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Peningkatan Disiplin Dan Semangat Belajar Siswa SDN Klidang Lor 01 Batang Tahun Pelajaran 2011/2012
Disiplin merupakan suatu masalah penting. Tanpa adanya kesadaran akan keharusan melaksanakan aturan yang sudah ditentukan sebelumnya pengajaran tidak mungkin mencapai target yang maksimal. Disiplin dapat tumbuh dan dibina melalui latihan, pendidikan atau penanaman kebiasaan yang harus dimulai sejak dalam lingkungan keluarga, mulai pada masa kanak-kanak.Selain disiplin, semangat belajar siswa juga diperlukan dalam rangka menumbuhkan keseriusan dalam belajar baik di sekolah maupun di rumah. Semangat belajar di sekolah adalah modal siswa untuk dapat menyelesaikan tugas maupun pelajaran yang diberikan di kelas oleh guru. Siswa yang kurang bersemangat dalam belajar akan menciptakan suasana yang tidak menyenangkan sehingga otomatis prestasi siswa akan menurun.
Adapun rumusan masalah adalah: Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan disiplin siswa SDN Klidang Lor 01 Batang. Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan semangat belajar siswa SDN Klidang Lor 01 Batang. Faktor-faktor apakah yang menjadi pendorong disiplin dan semangat belajar siswa SDN Klidang Lor 01 Batang. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan disiplin siswa SDN Klidang Lor 01 Batang. Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan semangat belajar siswa SDN Klidang Lor 01 Batang. Untuk mengetahui beberapa faktor yang mendorong upaya peningkatan disiplin dan semangat belajar siswa di SDN Klidang Lor 01 Batang.
Pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif yang menyajikan data dengan pemaparan yang komprehensif. Sedangkan jenis penelitiannya merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yaitu sumber data primer dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Sedangkan sumber pendukung dalam penelitian ini adalah buku-buku yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif, menganalisis data bermula dari data-data langsung kemudian peneliti padukan terhadap konsep-konsep yang terlebih dulu peneliti cantumkan dan ditarik kesimpulan sehingga mendapatkan hasil yang jelas dari penelitian tersebut.
Hasil analisis dari penelitian yaitu bahwa upaya peningkatan disiplin semangat belajar siswa di SDN Klidang Lor 01 Batang sudah terlaksana dengan baik. Hal itu ditandai dengan adanya semangat belajar siswa yang meningkat. Ada beberapa faktor pendorong dalam pelaksanaan upaya peningkatan semangat dan disiplin belajar siswa, yaitu adanya kemauan dan tekad para guru dan pengelola sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan serta semangat belajar siswa. Semangat dan konsistensi belajar siswa. Adanya pengawasan dan kerja sama dengan orang tua. Juga yang terpenting adanya program sekolah yang menciptakan kedisiplinan dan semangat belajar siswa, diantaranya program tadarus, teladan yang baik, kegiatan senam pagi, bimbingan siswa, pengawasan terpadu antara guru dan orang tua siswa.
07SK072021.00 | SK PAI12.720 CHA u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain