SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Pendidikan Partisipatif Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di RAM NU Desa Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni
Tergerak dari melihat perkembangan pendidikan yang menawarkan konsep dengan menempatkan siswa sesuai pada peranannya dalam pembelajaran, serta meninjau langsung implementasi pendidikan partisipatif pada pendidikan anak usia dini. Ternyata salah satu cara guru Raudhatul Athfal Muslimat NU Desa Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni untuk meningkatkan perkembangan anak didiknya agar dapat aktif dan mampu berpikir mandiri adalah dengan cara menerapkan metode dalam pendidikan partisipatif. Dimana pendidikan partisipatif itu sendiri adalah pendidikan yang dalam prosesnya menekankan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, pendidik lebih berperan sebagai fasilitator, sedangkan keaktifan lebih ditekankan kepada peserta didik, sehingga diharapkan siswa bisa mengeksplor potensi dalam dirinya secara mandiri.
Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan pendidikan partisipatif pada pendidikan anak usia dini di RAM NU Desa Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni?, apakah faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan partisipatif pada pendidikan anak usia dini di RAM NU Desa Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni?, bagaimana upaya untuk mengatasi problematika penerapan pendidikan partisipatif pada pendidikan anak usia dini di RAM NU Desa Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni?. Sedangkan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pendidikan partisipatif di RAM NU Desa Salakbrojo. Kegunaan penelitian ini diharapkan bisa menambah perbendaharaan referensi dalam hal pendidikan partisipatif yang diterapkan pada pendidikan anak usia dini, dan sebagai pedoman bagi pendidik anak usia dini khususnya pendidik di RAM NU Desa Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni dalam menerapkan pendidikan partisipatif untuk anak usia dini.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif adapun jenisnya adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan mengambil data dari kepala sekolah, guru, serta orang tua peserta didik melalui interview, observasi langsung beserta dokumentasinya. Teknik analisa datanya dengan cara reduksi data, display data serta pengambilan keputusan dan verifikasi.
Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan partisipatif pada pendidikan anak usia dini di RAM NU Desa Salakbrojo tergolong cukup baik, karena dapat melatih anak untuk bisa mandiri dan berpikir kritis, serta dapat menjadikan anak didik lebih aktif dan meningkatkan kemampuan peserta didik baik dari aspek nilai-nilai agama dan moral, aspek kognitif, aspek fisik, aspek bahasa dan aspek sosial emosional anak, serta menunjukkan adanya perkembangan yang positif pada diri siswa.
07SK071721.00 | SK PAI12.717 FAT i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain