SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pemikiran Azyumardi Azra Tentang Modernisasi Pendidikan Islam
Era globalisasi telah mewarnai seluruh aspek kehidupan masyarakat. Saat ini wajah dunia pendidikan kita telah mengalami perubahan cepat dan signifikan. Berbagai corak perubahan pada aspek pendidikan tersebut, terjadi karena dipicu oleh perkembangan ilmu-ilmu modern, perkembangan sains, dan teknologi maupun akibat perubahan masyarakat itu sendiri, lembaga-lembaga Islam juga selalu mengalami perubahan serta pasang surut sejalan dengan kemampuan para pengelolanya merespon perubahan dan tuntutan masyarakat. Pendidikan Islam menjadi salah satu perhatian Azyumardi Azra karena menurutnya dapat dipakai sebagai sarana transformasi masyarakat Muslim Indonesia. Hal tersebut yang membuat penulis tertarik untuk meneliti pemikiran Azyumardi Azra dalam konsep modernisasi Pendidikan Islam. Rumusan yang dibahas dalam penelitian ini ialah meliputi bagaimana pemikiran Azyumardi Azra tentang modernisasi Pendidikan Islam, bagaimana aktualisasi pemikiran Azyumardi Azra tentang modernisasi Pendidikan Islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguraikan konsep pemikiran Azyumardi Azra dalam modernisasi Pendidikan Islam. Untuk mengetahui aktualisasi pemikiran Azyumardi Azra tentang modernisasi Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Teknik pengumpulan data dari penulisan ini penulis menggunakan teknik kepustakaan. Analisis yang digunakan adalah content analysis [analisis isi]. Hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa Gagasan Azyumardi Azra dilatarbelakangi oleh pengamatannya terhadap perkembangan Pendidikan Islam di era modern saat ini. Menurut Azyumardi Azra Pendidikan Islam di Indonesia masih dihadapkan kepada beberapa problema pendidikan yang antara lain berkaitan dengan : [1] Kesempatan mendapatkan pendidikan yang masih terbatas, [2] Kebijakan pendidikan nasional yang sangat sentralistik dan menekankan keseragaman, [3] Pendanaan yang masih belum memadai, [4] Kualitas pendidikan yang tak seimbang, [5] Profesionalisme guru dan tenaga kependidikan yang masih kurang, [6] Relevansi yang masih timpang dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Kontribusi terhadap upaya modernisasi pendidikan islam meliputi lima bidang, yaitu : [1] Tujuan pendidikan [2] Sistem pendidikan [3] Anak didik [4] Pendidik, dan [5] Sarana dan Prasarana. Azyumardi Azra mengaktualisasikan pemikirannya pada lembaga yang dipimpinnya sekaligus membawa IAIN Syarif Hidayatullah bertransformasi menjadi UIN Syarif Hidayatullah.
07SK071521.00 | SK PAI12.715 TAU p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain