SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Drill Di Kelas III MI Islamiyah Harjosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa kelas III MI Islamiyah Harjosari kecamatan Doro kabupaten Pekalongan ketika mengikuti proses pembelajaran bahasa Arab, banyak dari mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan membaca dan menulis pada mata pelajaran bahasa Arab, Dari permasalahan tersebut, peningkatan kemampuan membaca dan menulis pada mata pelajaran bahasa Arab dianggap penting dikuasai oleh siswa kelas III MI Islamiyah Harjosari kecamatan Doro kebupaten Pekalongan tahun pelajaran 2011/2012.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana upaya peningkatan kemampuan membaca dan menulis mata pelajaran bahasa Arab melalui metode drill di kelas III MI Islamiyah Harjosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2011/2012.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perancanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara tes dan dokumentasi sedangkan analisis data yang penulis gunakan ialah dengan teknik deskriptif melalui prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill telah dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas III MI Islamiyah Harjosari, dimana pada pra siklus nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 53,03 dengan tingkat ketuntasan ada 8 siswa atau 24,20 % naik menjadi 20 siswa atau 60,60 % pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas 67,58, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas naik lagi menjadi 7,58 dengan ketuntasan 24 siswa atau 72,70 %. Keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode drill juga naik, terbukti pada pra siklus ada 7 siswa atau 21,20 % naik menjadi 13 siswa atau 39,40 % pada siklus I dan pada siklus II juga naik hingga mencapai 21 siswa atau 63,60 %. Hal ini menunjukkan meningkatnya kemampuan membaca dan menulis siswa dengan nilai ketuntasan lebih dari 70 sebanyak 72,70 %, dan peningkatan keaktifan belajar siswa pada kategori baik dan baik sekali yang mencapai 84,80 %. Demikian juga hipotesa yang menyatakan bahwa dengan adanya metode drill terdapat pengaruh yang signifikan dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mata pelajaran bahasa Arab di kelas II MI Islamiyah Harjosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2011/2012 dapat diterima.
07SK071021.00 | SK PAI12.710 RIS u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain