SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penerapan Pendidikan Responsif Gender Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri [MIN] Bandar Kabupaten Batang
Skripsi yang berjudul Penerapan Pendidikan Responsif Gender di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bandar kabupaten Batang ini merupakan suatu kajian mengenai pendidikan yang responsif gender. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bandar pada tahun pelajaran 2011/2012 telah melangsungkan program pendidikan responsif gender yakni suatu kondisi pembelajaran yang setara antara peserta didik laki-laki dan perempuan dalam memperoleh peluang, kesempatan, partisipasi dan manfaat yang sama dalam pembelajaran. Pendidikan pada masa sekarang memang sudah terbuka bagi semua orang baik laki-laki maupun perempuan, walau demikian masih dapat ditemukan mengenai ketidakadilan gender, walau hanya dalam detail-detail kecil kehidupan. Itu berarti prinsip kesetaraan gender belum sepenuhnya dapat berjalan dengan sempurna. Terkadang dalam praktik pendidikan, masih kita jumpai hal-hal yang masih bias gender. Dunia pendidikan yang seharusnya steril dari bias gender dan dapat melakukan perubahan karena berfungsi sebagai agen perubahan (agent of change), ternyata justru menjadi bias gender itu. Fenomena adanya bias gender dalam dunia pendidikan tampak antara lain dalam wacana buku teks, suatu media transformasi informasi akademis yang utama.
Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini yaitu : bagaimana pendidikan responsif gender itu? bagaimana penerapan pendidikan responsif gender di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bandar? Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pendidikan yang responsif gender dan penerapan pendidikan responsif gender di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bandar. Kegunaan dari penelitian ini antara lain sebagai upaya menciptakan pendidikan yang responsif gender di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bandar dan untuk menumbuhkan kesetaraan gender baik peserta didik maupun pendidik di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bandar khususnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan di sini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hal ini dikarenakan data yang dianalisis adalah data kualitatif yang berupa informasi dan uraian yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa pendidikan responsif gender ialah suatu kegiatan pendidikan yang mengintegrasikan gender dalam segala aspek pendidikan yang meliputi materi/bahan ajar, proses pembelajaran serta lingkungan fisik agar dalam pelaksanaannya tidak terjadi ketidakadilan dan diskriminasi yang merugikan salah satu pihak. Penerapan pendidikan responsif gender di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bandar meliputi materi/bahan ajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, pembagian tugas serta penataan ruang kelas. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan responsif gender di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bandar belum sempurna pelaksanaannya. Dari segi metode pembelajaran, media pembelajaran, pembagian tugas serta penataan ruang kelas sudah berusaha menampilkan kegiatan pembelajaran yang responsif gender, namun dari segi materi/bahan ajar masih bias gender dilihat dari materi, bacaan maupun ilustrasi-ilustrasi dalam buku sebagai bahan ajar.
07SK070821.00 | SK PAI12.708 AFI p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain