SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review [SQ3R] Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Tarikh Dan Kebudayaan Islam Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012 [Studi Penelitian Tindakan Kelas SD Negeri 02 Jetakkidul]
Dalam menggunakan suatu metode pembelajaran, tidak ada suatu metode pembelajaran yang lebih baik dari metode pembelajaran yang lain. Masing-masing metode pembelajaran mempunyai keunggulan dan kelemahan. Oleh karena itu guru harus bisa memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, diperlukan suatu alternatif model pembelajaran yang lebih tepat dan menarik, yaitu dengan metode belajar Survey, Question, Read, Recite, Review [SQ3R]. Metode [SQ3R] merupakan metode belajar yang mempunyai tujuan agar kegiatan membaca dapat dilaksanakan sesingkat mungkin tetapi dengan daya serap yang tinggi. Dalam penelitian tindakan kelas ini, di paparkan dua permasalahan antara lain : Bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode SQ3R dan apakah penerapan metode belajar Survey, Question, Read, Recite, Review [SQ3R] pada siswa SD Negeri 02 Jetakkidul dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas antara lain : untuk mengetahui aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam [PAI] tentang Tarikh Dan Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode SQ3R. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tarikh Dan Kebudayaan Islam pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jetakkidul Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan melalui penggunaan metode belajar Survey, Question, Read, Recite, Review [SQ3R]. Sedangkan kegunaan penelitian tindakan kelas ini adalah, secara praktis dapat dijadikan acuan dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SD Negeri 02 Jetakkidul tentang Tarikh Dan Kebudayaan Islam, sebagai bahan informasi bagi siswa bahwa dengan menggunakan metode yang tepat dapat memberikan individu yang melaksanakannya. Sedangkan secara akademis, penelitian ini diharapkan dapat menjadi wacana tentang pentingnya metode SQ3R dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa, dalam mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas [PTK]. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis trianggulasi, artinya data itu dianalisis lebih dari satu perspektif, yaitu memeriksa kebenaran hipotesis, konstruk, atau analisis dengan membandingkan situasi yang sama untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Jetakkidul dalam mata pelajaran PAI. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah : Pertama, metode belajar SQ3R efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Jetakkidul Kabupaten Pekalongan pada mata pelajaran PAI pokok bahasan Tarikh Dan Kebudayaan Islam. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 75% dengan nilai rata-rata 75. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 85% dengan nilai rata-rata 81. Kedua, aktifitas siswa 1 pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar 68.75% dengan kategori cukup baik. Kekurangan yang ada pada siklus I diperbaiki pada siklus II. Perolehan rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 77% dengan kategori baik. Dengan demikian hipotesis tindakan penelitian kelas menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 02 Jetakkidul.
07SK070621.00 | SK PAI12.706 MAS p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain