SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Usaha Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Quran Bagi Siswa Kelas IV Di SD Negeri 06 Kajen
Dalam belajar anak didik mempunyai minat belajar yang berbeda-beda. Pada satu sisi anak didik memiliki minat belajar yang rendah, tetapi pada saat yang lain anak didik mempunyai minat belajar yang tinggi. Anak didik yang satu bergairah belajar, sedangkan anak didik yang lain kurang bergairah dalam belajar. Pada hakekatnya minat merupakan hal yang paling mendasar pada diri manusia. Untuk itu minat dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu modal yang paling pokok pada diri manusia dalam melaksanakan suatu perbuatan. Minat merupakan kecenderungan untuk mendekati obyek, terdapat pula perasaan senang untuk menyertainya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran bagi siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran bagi siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen?. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran bagi siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen, dan untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran bagi siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen. Kegunaan penelitian adalah memberikan masukan kepada guru tentang cara dan upaya agar mereka lebih memperhatikan cara mengajar yang mereka pergunakan dalam mendidik dan meningkatkan minat belajar Al-Quran siswa di SD Negeri 06 Kajen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen, sedangkan sumber data sekunder adalah dokumen dan buku penunjang lain yang relevan. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang ada digunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran bagi siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen, antara lain: dengan memberikan tugas kepada siswa di rumah untuk membaca Al-Quran, dengan cara memberikan motivasi kepada siswa untuk giat belajar di rumah, dengan mengadakan les/privat diluar jam pelajaran, serta melakukan evaluasi terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terutama pada materi baca tulis Al-Quran. 2) Faktor yang mendukung usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran bagi siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen, antara lain yaitu: adanya dukungan dari orang tua untuk mengajarkan baca tulis Al-Quran di rumah, tenaga pendidik yang mendukung, serta adanya siswa yang mengikuti TPQ. Selain faktor pendukung di atas, ada juga beberapa faktor yang menghambat usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Al-Quran bagi siswa kelas IV di SD Negeri 06 Kajen, antara lain: siswa yang malas, siswa keasikan bermain, faktor tata bahasa. Faktor tata bahasa ini ada empat yaitu: Tata bunyi, kosakata, tata kalimat, tulisan.
07SK070521.00 | SK PAI12.705 RAK u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain