SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa Di MI Al Ikhsan Ujungnegoro 01 Kandeman Batang
Guru dalam melaksanakan tugasnya di sekolah tidak hanya sebagai guru mata pelajaran saja, namun seringkali seroang guru harus mengerjakan tugas yang lain diantaranya sebagai wali kelas. Banyak guru yang juga memiliki tugas sebagai wali kelas hanya mengetahui bahwa tugas-tugasnya hanya mengajar bukan memberikan motivasi siswa. Banyak anak-anak tidak berkembang karena tidak mendapatkan motivasi yang tepat. Oleh karena itu peran wali kelas dalam hal ini sangat penting untuk memotivasi siswa. Wali kelas sebagai wakil dari orang tua disekolah harus mengetahui karakter siswanya satu persatu dengan kekhasan masing-masing, sehingga apabila siswa mengalami kesulitan wali kelas mampu membantu mengatasi kesulitan tersebut dengan tepat. Belum semua wali kelas di MI Al Ikhsan Kandeman Batang berperan secara maksimal terhadap siswa didiknya, sehingga siswa sering merasa kebingungan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi di sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peranan wali kelas tehadap peningkatan motivasi belajar PAI siswa di MI Al Ikhsan Kandeman Batang?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan peran wali kelas dalam pembelajaran PAI di MI Al Ikhsan Kandeman Batang, untuk mendeskripsikan motivasi belajar mata pelajaran PAI di MI Al Ikhsan Kandeman Batang, untuk mendeskripsikan peranan wali kelas dalam peningkatann motivasi belajar mata pelajaran PAI di MI Al Ikhsan Kandeman Batang. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah, secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam pengembangan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD). Secara praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai bahan masukan bagi praktisi pendidikan untuk dapat mengembangkan sistem pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD), memberi gambaran kepada masyarakat mengenai keberadaan MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kandeman Batang dan pelaksanaan pendidikannya, sebagai acuan dalam peningkatan mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD) dan sekolah lainnya..
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer (wali kelas dan siswa) dan sumber data sekunder (kepala sekolah dan dewan guru lain). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Al Ikhsan Ujungnegoro Kandeman Batang meliputi: pertama secara khusus peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menggairahkan siswa, memberikan harapan realistis, memberikan insentif, dan mengarahkan perilaku siswa. Kedua, secara umum peran wali kelas di MI Al Ikhsan Ujungnegoro adalah melakukan pembinaan kedisiplinan siswa, melakukan pembinaan kebersihan kelas siswa, melakukan pembinaan kedisiplinan siswa, melakukan pembinaan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami salah satu mata pelajaran, melakukan pembinaan kepada siswa yang mendapatkan masalah dengan salah seorang guru, memberikan pembinaan kepada siswa yang sering melanggar tata tertib sekolah, memberikan penilalian terhadap kepribadian siswa, bersama dengan sisiwa menentukan pengurus kelas, bersama dengan siswa membuat jadwal piket, bersama dengan siswa membuat taman kelas, merekap absensi, merekap siswa yang ijin, merekap siswa yang alpha, merekap siswa yang sakit, melakukan koordinasi dengan guru BP/ BK mengenai absensi siswa, bersama dengan siswa menjaga keindahan dan keserasian taman kelas, memberikan sanksi pada siswa yang membuat keributan di kelas.
07SK070421.00 | SK PAI12.704 FAT p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain