SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pola Asuh Pendidikan Agama Islam Di Lingkungan Keluarga Kaya Desa Waru Lor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Pola asuh merupakan salah satu metode yang digunakan orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Masing-masing lingkungan keluarga memiliki pola sendiri-sendiri dalam mengasuh anak-anaknya. Antara lingkungan keluarga kaya dengan keluarga miskin memiliki pola asuh yang berbeda pula. Terutama dalam mendidik agama Islam anak-anaknya.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: Bagaimana Profil keluarga kaya di desa Waru Lor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana Pola asuh pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga kaya Desa Waru Lor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui profil keluarga kaya di Desa Waru Lor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui pola asuh pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga kaya Desa Waru Lor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Kegunaan dari penelitian ini adalah: Secara teoritis, Untuk menambah dan memperkaya khasanah dalam dunia pendidikan, khususnya mengenai pola asuh pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga kaya, sebagai wacana atau pengetahuan tentang pola asuh pendidikan agama Islam pada masyarakat Waru Lor. Secara praktis, dengan penelitian ini diharapkan dapat menciptakan kesadaran akan pentingnya pendidikan agama Islam dari asuhan orang tua kepada anak-anaknya pada umumnya dan bagi lingkungan keluarga kaya di Desa Waru Lor pada khususnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini menekankan analisis yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata atau simbol, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan teknik analisis deskriptif kulitatif yaitu analisis dengan memberikan predikat kepada variabel yang diteliti sesuai dengan kondisi yang sebenarnya dan analisis data reflektif thinking, yaitu secara keseluruhan menggunakan pola pikir penelitian baik berupa pendapat, gagasan maupun menganalisis data yang diperoleh dari lapangan. Oleh karena itu, peneliti akan mendeskripsikan hasil penelitian yang telah dilakukan dan kemudian peneliti akan mencoba memberikan analisisnya berdasarkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini termasuk penelitian fenomenologi yang mencoba menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami, sehingga tidak ada batasan dalam memaknai atau memahami fenomena yang dikaji.
Hasil penelitian tentang pola asuh pendidikan agama di lingkungan keluarga kaya Desa Waru Lor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan adalah: Keluarga kaya Desa Waru lor mayoritas berasal dari kalangan pengusaha batik. Kriteria keluarga kaya di Desa Waru lor yaitu : Penghasilannya tinggi, hidupnya mapan (semua kebutuhan tercukupi), rumah mewah dan megah,mempunyai mobil,melaksanakan ibadah haji, zakat dan qurban, Pola asuh pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga kaya Desa Waru lor yaitu: Pola asuh pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam lingkungan keluarga kaya Desa waru lor bermacam-macam, mulai dari tipe demokratis, tipe otoriter, tipe permissif, tipe panelantar . Akan tetapi, keluarga kaya di Desa waru lor mayoritas menggunakan tipe demokratis dalam mengasuh anak-anaknya. Materi yang disampaikan dalam mengasuh pendidikan agama keluarga kaya Desa Waru lor yaitu: Pendidikan Aqidah, yaitu dengan mengajarkan pada anak kalimat tauhid, melalui cerita-cerita atau dongeng pada masa kecil, anak dikenalkan dengan asmaul khusna yang berisi sifat-sifat Allah, mengajarkan kepada anak tentang enam rukun iman, Pendidikan Ibadah, pelaksanaan ibadah yang dilakukan yaitu dengan mengajari anak melaksanakan sholat, mengajak anak sholat bersama, membiasakan anak tadarus al-Quran setiap hari dan melatih anak melaksanakan puasa ramadhan secara bertahap, Pendidikan Akhlak, orang tua memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya tentang sopan santun, tata krama, berpegang teguh kepada akhlak yang mulia.
07SK070221.00 | SK PAI12.702 MAH p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain