SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Kurikulum Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MII Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Pendidikan tidak hanya mendidik para peserta didiknya untuk menjadi manusia yang cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar berakhlak mulia. Kurikulum berbasis Karakter merupakan penjabaran / penyempurnaan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, hanya saja dalam pembelajarannya ditambah dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Di MII Karangsari banyak upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan karakter siswa agar lebih baik, seperti implementasi kurikulum berbasis karakter yang diintegrasikan pada mapel Aqidah Akhlak serta mengadakan kegiatan sekolah yaitu membaca doa, asmaul husna, sholat dhuhur berjamaah dan bersalaman ketika masuk dan keluar kelas. Kegiatan tersebut dilakukan secara rutindan terprogram.
Dalam penelitian ini dipaparkan beberapa permasalahan antara lain: Bagaimana Kurikulum Berbasis Karakter pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MII KarangsariKec. KaranganyarKab. Pekalongan dan Bagaimana Implementasi Kurikulum Berbasis Karakter pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MII Karangsari Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan.
Adapun metode penelitian ini melakukan beberapa hal yaitu desain penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif kemudian menggunakan pendekatan deskriptif, jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan, dengan lokasi penelitian di MII Karangsari Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan. Di samping itu juga menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode observasi, metode interview, sertam etode dokumentasi. Kemudian mengolah data yang didapatkan dengan analisis deskriptif kualitatif dan menggunakan pola pikir induktif.
Dari hasil penelitian bahwa Implementasi Kurikulum Berbasis Karakter pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MII Karangsari Kec.Karanganyar Kab. Pekalongan cukup baik, implementasi tersebut ialah dengan melakukan pembiasaan berakhlakul karimah. Akhlakul karimah tersebut sebagai pencerminan yang memasukkan pendidikan karakter dalam mata pelajaran Aqidah akhlak. Nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan adalah Religiusitas, Kejujuran, Toleransi, Disiplin, Kerjasama, Kreativitas, Kemandirian, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Bersahabat/ komunikatif. Cinta damai, Tanggung jawab.
Pendidikan di MII Karangsari diimplementasikan dengan suri tauladan serta pembiasaan perilaku terpuji yang dilakukan oleh para Guru dan sasarannya ialah seluruh pesertadidik di MII Karangsari. Tingkah laku yang dilakukan oleh peserta didik Cukup Baik, hanya beberapa peserta didik yang melakukan tingkah laku yang kurang baik yaitu ramai di kelas ketika pembelajaran serta tidak membuat PR. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh madrasah dilakukan dengan baik.
06SR069421.00 | SR PAI12.694 MAE i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain