SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Pendidikan Agama Islam Dengan Pembentukan Karakter Kejujuran Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonotunggal
Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai kedudukan sentral dalam membentuk karakter peserta didik, terutama mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, termasuk bersikap jujur. Namun, sebagian peserta didik masih ada yang melakukan tindakan kurang terpuji, diantaranya yaitu tidak jujur dalam mengerjakan ulangan. Sebagian peserta didik di SMP N 1 Wonotunggal juga memiliki kemungkinan melakukan tindakan tersebut.
Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wonotunggal ?; 2) Bagaimana kejujuran peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wonotunggal ?; 3) Bagaimana korelasi pendidikan agama Islam dengan pembentukan karakter kejujuran peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wonotunggal? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan agama Islam ; 2) Untuk mendiskripsikan kejujuran peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wonotunggal ; 3) Untuk mendiskripsikan korelasi pendidikan agama Islam dengan pembentukan karakter kejujuran peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wonotunggal. Hasil penelitian diharapkan memberikan kontribusi dalam mata pelajaran PAI dan memberikan gambaran dan masukan yang positif mengenai penanaman akhlak kejujuran peserta didik, baik bagi peserta didik itu sendiri maupun guru dan pihak sekolah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis product moment.
Hasil analisis menunjukan bahwa dengan korelasi product moment dapat terlihat adanya korelasi positif yang signifikan antara PAI dengan kejujuran peserta didik SMP N 1 Wonotunggal. Hal ini di buktikan melalui presentase nilai angket PAI dengan nilai 77,7 yang mempunyai kualifikasi cukup dan kejujuran peserta didik SMP N 1 Wonotunggal dengan nilai 70,6 dengan mempunyai kualifikasi cukup, setelah keduanya dikorelasikan dengan menggunakan product moment diperoleh r xy= 0,603 dimana nilai tersebut berarti lebih besar, baik pada taraf 1% maupun 5%. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMP N 1 Wonotunggal mempunyai korelasi positif yang signifikan dengan kejujuran peserta didik SMP N 1 Wonotunggal, sehingga hipotesis yang penulis ajukan diterima. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan agar pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Wonotunggal perlu ditingkatkan lagi agar mempunyai kualifikasi yang lebih baik.
06SK069321.00 | SK PAI12.693 FID k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain