SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implikasi Pemahaman Keluarga Berencana Terhadap Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di Desa Candigugur Bawang Batang
Di dalam kehidupan ini setiap orang tua tentu menginginkan agar setiap anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik termasuk kebutuhan-kebutuhan pendidikan anaknya. Agar terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan tersebut, salah satunya dapat diatasi dengan perencanaan keluarga yang merupakan usaha untuk pengaturan keturunan, agar anak mendapatkan pengasuhan yang layak sesuai dengan kemampuan orang tua baik dalam segi spiritual, sosial dan ekonomi. Yang mana orang tua yang bertanggung jawab hanya melahirkan sesuai dengan kemampuan untuk membesarkan dan mendidiknya sehingga anaknya kelak dapat berdiri sendiri dan berguna bagi masyarakat. Keluarga Berencana merupakan salah satu usaha pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat, oleh karena itu penulis ingin mengetahui lebih jauh permasalahan ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pemahaman orang tua di Desa Candigugur Bawang Batang tentang Keluarga Berencana? Bagaimana tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak di Desa Candigugur Bawang Batang? Bagaimana implikasi pemahaman Keluarga Berencana terhadap tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak di Desa Candigugur Bawang Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pemahaman orang tua di Desa Candigugur Bawang Batang tentang Keluarga Berencana, untuk mendeskripsikan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak di Desa Candigugur Bawang Batang, serta untuk mendeskripsikan implikasi pemahaman Keluarga Berencana terhadap tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak di Desa Candigugur Bawang Batang. Kegunaan penelitian secara teoritis adalah diharapkan dapat memberikan tambahan informasi dan untuk menambah pengetahuan tentang Keluarga Berencana serta implikasinya terhadap tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak, secara praktis diharapkan dapat memberikan masukan bagi orang tua di Desa Candigugur Bawang Batang untuk bertanggung jawab terhadap pendidikan putra-putri mereka, serta bagi para pembaca pada umumnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Candigugur Bawang Batang. Adapun yang menjadi sumber data primer dari penelitian ini adalah orang tua yang mengikuti Keluarga Berencana dan anak Desa Candigugur Bawang Batang. Sedangkan sumber data sekunder adalah dokumentasi dan buku-buku yang relevan dengan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode induktif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemahaman tentang Keluarga Berencana yang dilakukan oleh warga Desa Candigugur Bawang Batang tidak lepas dari dasar pemahaman dan pendidikan yang dimiliki oleh warga dengan indikasi berupa adanya perhatian, keikutsertaan dan keaktifan. Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan warga desa dalam program Keluarga Berencana tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, melainkan atas kemauan dan kesadaran bahwa program Keluarga Berencana merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak. 2) Tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak di Desa Candigugur Bawang Batang, antara lain: a) Tanggung jawab orang tua terhadap aspek kebutuhan jasmani anak, meliputi: tanggung jawab orang tua dalam hal perumahan, tanggung jawab orang tua dalam hal makanan, tanggung jawab orang tua dalam hal sandang, tanggung jawab orang tua dalam hal kesehatan, serta tanggung jawab orang tua dalam hal ekonomi keluarga. b) Tanggung jawab orang tua terhadap aspek kebutuhan rohani, meliputi: tanggung jawab orang tua dalam hal pendidikan, tanggung jawab orang tua dalam hal bimbingan dan perhatian, serta tanggung jawab orang tua dalam hal keteladanan. 3) Implikasi pemahaman Keluarga Berencana terhadap tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak di Desa Candigugur Bawang Batang, antara lain: mendidik anak jadi lebih mudah, jarak kelahiran dapat diatur, ekonomi dapat lebih terkontrol, pendidikan anak lebih terjamin, serta memperbaiki niat.
06SK069021.00 | SK PAI12.690 ROH i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain