SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Siswa Di TK Batik Setono Pekalongan
Tantangan pendidikan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan tangguh semakin berat. Pendidikan juga tidak cukup lagi hanya dengan mengajar peserta didik membaca, menulis dan berhitung, kemudian lulus ujian, dan nantinya mendapatkan pekerjaan yang baik. Pendidikan harus mampu mendidik agar bisa memutuskan mana yang benar dan salah. Untuk mengatasi persoalan tersebut, saat ini mulai marak diperbincangkan mengenai pendidikan karakter. Salah satu nilai karakter yang perlu ditanamkan dalam diri siswa sejak usia dini adalah mengenai kemandirian. Hal ini mengingat masih banyaknya anak yang sudah dewasa umurnya namun belum dapat bersikap mandiri. Salah satu penyebabnya adalah sikap orang tua yang terlalu memanjakan anaknya sejak kecil.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan permasalahan yaitu: (1) bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di TK Batik Setono Pekalongan?, (2) bagaimana kemandirian siswa TK Batik Setono Pekalongan?, dan (3) bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam menumbuhkan kemandirian siswa di TK Batik Setono Pekalongan?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter di TK Batik Setono Pekalongan, untuk mengetahui kemandirian siswa TK Batik Setono Pekalongan dan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam menumbuhkan kemandirian siswa di TK Batik Setono Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter, terutama tentang kemandirian.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dengan sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa TK Batik Setono Pekalongan serta sumber data sekunder yaitu arsip-arsip sekolah (dokumentasi) dan buku-buku yang berkaitan dengan judul penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interviu dan dokumentasi dengan analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam menumbuhkan sikap kemandirian siswa di TK Batik Setono Pekalongan sudah berjalan dengan baik. Ada beberapa nilai karakter yang diajarkan disini, salah satunya adalah mengenai kemandirian. Siswa diajarkan mengenai beberapa aspek kemandirian, yaitu kemandirian intelektual, sosial, emosi dan ekonomi. Sebagian besar siswa juga telah mampu bersikap mandiri dalam kesehariannya, baik ketika berada di lingkungan sekolah maupun ketika di rumah. Dukungan orang tua juga sangat diperlukan dalam membentuk kemandirian anak.
06SK068921.00 | SK PAI12.689 KHO i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain