SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penerapan Metode Hafalan Terhadap Keberhasilan Belajar Dalam Program Pengembangan Al Quran Surat-Surat Pendek Pilihan, PTK Di RA Muslimat NU Tengeng Kulon-Siwalan
Metode hafalan adalah metode yang sering dipakai dalam pembelajaran Al Quran hamper diseluruh jenjang pendidikan dalam mata pelajaran Al-Quran dan Hadits , menggunakan metode tersebut. Dan ternyata hasilnya cukup memuaskan. Berdasarkan hal tersebut, maka paneliti ingin mengadakan penelitian bagaimana hasil belajar peserta didik, jika dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits tersebut, tidak menggunakan metode hafalan, apakah bisa mencapai hasil yang di inginkan atau tidak. Terlebih-lebih tempat penelitian penulis adalah RA, yang peserta didiknya masih berusia dini. Yang belum bisa baca dan tulis dengan baik dan benar. Untuk itupenulis ingin mengetahu idan membandingkan bagaimana hasil belajar peserta didik yang masih kecil-kecil tersebut jika tidak menggunaka nmetode hafalan, terutama dalam materi atau program pengembangan Al-Quran, apakah hasil belajarnya sama dengan hasil belajar yang tidak menggunakan metode ataukah malah berbanding terbalik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1). Bagaimana penerapan metode hafalan di RA Muslimat NU Tengeng Kulon – Siwalan? (2). Bagaimana keberhasilan belajar peserta didik dalam program pengembangan Al-Quran surat-surat pendek pilihan di RA Muslimat NU TengengKulon – Siwalan?
Sedangkan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui penerapan metode hafalan di RA Muslimat NU Tengeng Kulon – Siwalan. (2). Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik dalam program pengembangan Al-Quran surat-surat pendek pilihan di RA Muslimat NU Tengeng Kulon – Siwalan.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode observasi, metode interviu dan metode dokumentasi menggunakan teknis analisis deskriptif komparatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B di RA Muslimat NU Tengeng Kulon yang terdiri dari 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan belajar siswa pada pra siklus termasuk dalam kategori kurang berhasil dengan persentase keberhasilan belajar siswa 36,36 %. Pada siklus I keberhasilan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 31,82% dari 36,36 % menjadi 68,18 %. Padasiklus I ini keberhasilan belajar siswa termasuk dalam kategori berhasil ketika penerapan metode hafalan mulai diterapkan. Pada siklus II tingkat keberhasilan belajar siswamengalamipeningkatansebesar 3,91 % dari 68,18 % menjadi 72,72 %. Pada siklus II ini keberhasilan belajar siswa termasuk dalam kategori berhasil ketika penerapan metode hafalan sudah diterapkan. Peningakatan keberhasilan belajar siswa tersebut dialami pada taraf kesalahan 5 %. Dan keberhasilan belaja rsiswa mengalami peningkatan yang signifikan pada taraf kesalahan 1 %
Dari hasil analisis data tersebut maka diambil kesimpulan bahwa penerapan metode hafalan pada program pengembangan Al-Quran surat-surat pendek pilihan di kelas B semester II RA Muslimat NU Tengeng Kulon – Siwalan tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan keberhasilan belajar peserta didik.
06SK068521.00 | SK PAI12.685 ERN p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain