SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Analisis Nilai-Nilai Edukatif Yang Terkandung Dalam Ibadah Puasa
Puasa berarti menahan diri dari makan, minum, hubungan seksual, dan hal-hal yang membatalkannya, disertai dengan menahan dari perkataan sia-sia dan perkataan lain yang makruh dan haram menurut syara, sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah Swt. dan termasuk salah satu rukun Islam. Pada dasarnya tiap-tiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah Swt. dan disyariatkan dalam Islam jika diteliti dan diselami, pastilah terdapat hikmah ataupun nilai-nilai yang dikandung.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1).Bagaimana konsep ibadah puasa dalam Islam? (2).Apa saja nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam ibadah puasa?. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1).Untuk mendeskripsikan konsep ibadah puasa dalam Islam. (2).Untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam ibadah puasa. (3).Untuk menganalisis nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam ibadah puasa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini menekankan analisis dengan kata-kata dalam bentuk deskriptif naratif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research), yaitu dengan menelaah buku-buku yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan metode dokumentasi dan metode kepustakaan dengan langkah membaca dengan teliti dan dimengerti, lalu dipahami sebaik-baiknya. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dengan tahapan reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan pendekatan berpikir induktif yaitu dengan mengembangkan ide yang dikemukakan oleh seorang pakar, atau beberapa orang pakar menjadi sebuah pembahasan yang komprehensif, yang didukung oleh teori, konsep dan data dokumentasi yang relevan.
Hasil penelitian tentang analisis nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam ibadah puasa adalah: (1).Nilai Pendidikan Keimanan; puasa itu menunjukkan keimanan seseorang, puasa dapat dijadikan sebagai sarana untuk membina serta meningkatkan keimanan seorang Mukmin. (2).Nilai Pendidikan Ibadah; puasa itu merupakan ibadah yang paling baik, orang yang puasa tidak terlepas dari ibadah-ibadah lain seperti shalat, membaca Al quran, dzikir dan sebagainya, serta seluruh perilaku orang yang berpuasa dinilai sebagai ibadah. (3).Nilai Pendidikan Akhlak; puasa mengajarkan berbagai macam akhlak terpuji seperti sabar, disiplin, jujur, ikhlas hati dan sifat terpuji lainnya dan dapat menghindarkan manusia dari perbuatan tercela karena perbuatan tercela dapat membatalkan puasa. (4).Nilai Pendidikan Kesehatan; puasa mendatangkan manfaat bagi kesehatan baik secara fisik maupun psikis, secara fisik puasa mendidik pola makan yang sehat dan teratur, secara psikis puasa dapat menenangkan jiwa/batin. (5).Nilai Pendidikan Sosial; puasa menumbuhkan naluri kasih sayang terhadap sesama, ukhuwah Islamiyah, perasaan keterikatan dan tolong-menolong, memupuk rasa solidaritas sosial, meruntuhkan perbedaan sosial dan menyetarakan orang kaya dengan miskin.
06SK068221.00 | SK PAI12.682 KHO a C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain