TA PERBANKAN SYARIAH
TIDAK TERSAJI: Strategi Pemasaran Produk Si Santri [Simpanan Masyarakat Kota Santri] Di KSU BMT Kota Santri Bojong Kab. Pekalongan
Kegiatan pemasaran selalu ada dalam setiap usaha, baik usaha yang berorientasi profit maupun usaha-usaha sosial. Hanya saja sebagian pelaku pemasaran tidak atau belum mengerti ilmu pemasaran, tetapi sebenarnya mereka telah melakukan usaha-usaha perbankan. Hal ini terjadi karena pelaku pemasaran belum pernah belajar atau bahkan belum pernah mendengar kata-kata pemasaran. Justru kejadian seperti ini banyak terjadi di kehidupan masyarakat. Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa. Pemasaran menjadi semakin penting dengan semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat. Pemasaran juga dapat dilakukan dalam rangka menghadapi pesaing yang dari waktu kewaktu semakin meningkat. Para pesaing justru semakin gencar melakukan usaha pemasaran dalam rangka memasarkan produknya.
Permasalahan dalam penelitian ini apakah urgensi strategi pemasaran bagi BMT dalam meningkatkan produk si santri (simpanan masyarakat kota santri) serta bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan BMT Kota Santri Bojong dalam memasarkan produk si santri.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya observasi, inteview atau wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif merupakan metode menemukan fakta dengan interprestasi yang tepat, termasuk didalamnya studi untuk melukiskan secara akurat sifat-sifat dari beberapa fenomena, kelompok atau individu serta studi untuk menentukan frekuensi terjadinya suatu keadaan untuk meminimalisasikan bias dan memaksimalkan dan analisis data induktif adalah cara berfikir dan pertanyaan khusus untuk menyusun suatu argumentasi yang bersifat umum.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pemasaran produk si santri di BMT Kota Santri Bojong Kab. Pekalongan menerapkan adanya konsep dan strategi pemasaran pada umumnya. KSU BMT Kota Santri Bojong Kab. Pekalongan dengan menganalisis calon nasabah melalui segmentasi pasar, dan juga melakukan bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi product, price, promotion,place, people, process, physical evidence. Produk si santri ini ditunjukkan untuk semua kalangan, si santri ini mempunyai peluang yang besar dengan melihat kenaikan jumlah nasabah si santri mencapai 1.482 nasabah jika dihitung dari keseluruhan cabang BMT Kota Santri nasabah si santri mencapai sekitar 7.000 nasabah. Strategi yang digunakan BMT Kota Santri untuk menarik minat nasabah tidak berbeda dengan BMT lain, yaitu dengan cara – cara manual dan strategi spesifik yang dimiliki BMT Kota Santri, seperti memberikan sovenir kepada para nasabah. Adapun bentuk riilnya yaitu dengan sosialisasi personal, menerbitkan brosur, dan pemasangan spanduk.
00TA006812.00 | TA TA12.068 FAI s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain