SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Moral Peserta Didik Di SMP Negeri 17 Pekalongan
Pendidikan Agama Islam (PAI) menekankan penanaman iman dan akhlak mulia. Pendidikan tersebut diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Selain itu, PAI juga diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global. Pada masa remaja memerlukan perhatian yang serius, dimana kondisi pada masa sekarang menunjukkan keadaan yang memprihatinkan, mengalami krisis moral yang biasa menyengsarakan remaja itu sendiri dan akan membawa dampak yang fatal bagi Negara, mengingat remaja sebagai penerus cita-cita bangsa di masa yang akan datang. Maka perlu adanya pembinaan yang terarah, terpadu dan tepat. Pembinaan remaja merupakan tanggung jawab bersama orang tua, sekolah serta remaja itu sendiri.
Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Nilai pendidikan agama Islam apa saja yang diimplementasikan dalam pembinaan moral di SMP Negeri 17 Pekalongan. Metode apa yang digunakan untuk mengimplementasikan nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral di SMP Negeri 17 Pekalongan. Faktor-faktor apa yang dapat diimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral peserta didik di SMP Negeri 17 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diimplementasikan dalam pembinaan moral di SMP Negeri 17 Pekalongan. Untuk mengetahui metode pembinaan moral peserta didik di SMP Negeri 17 Pekalongan. Untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat diimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral peserta didik di SMP Negeri 17 Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 17 Pekalongan dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diimplementasikan dalam pembinaan moral peserta didik di SMP Negeri 17 Pekalongan telah mencakup tiga nilai utama yaitu nilai aqidah, nilai syariat dan nilai akhlak. Nilai-nilai pendidikan agama Islam sangat mempengaruhi moral peserta didik. Ketiga nilai tersebut pada intinya bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang berilmu, beriman dan berakhlakul karimah yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat. Sehingga pembinaan moral yang dilaksanakan pada nantinya mencapai tujuan yang diinginkan sesuai visi dan misi sekolah. Metode Pembinaan moral peserta didik di SMP Negeri 17 Pekalongan adalah metode syariat, metode keteladanan, metode kebiasaan, metode nasehat, metode hadiah, dan metode hukuman. Dalam pembinaan moral metode syariat, keteladan, kebiasaaan dan hadiah mempunyai dampak positif bagi moral peserta didik di SMP Negeri 17 Pekalongan sedangkan metode nasihat dan hukuman berpengaruh negatif bagi moral peserta didik. Faktor pendukung pengimplementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral adalah pengaruh pendidikan, kebiasaan dan keteladanan dan kesadaran. Sedangkan faktor penghambat pengimplementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral adalah pendidikan keluarga, lingkungan kurang kondusif dan pergaulan.
06SK067621.00 | SK PAI12.676 NOV i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain