SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik Melalui Permainan Tradisional Congklak Di RA Muslimat NU Kelas B Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi peserta didik RA Muslimat NU Pucung KecamatanTirto Kabupaten Pekalongan, permasalahan yang dihadapi ialah banyak dari mereka yang memiliki keterbatasan kreativitas, Dari permasalahan tersebut, peningkatan kreativitas dianggap penting dimiliki oleh peserta didik RA Muslimat NU Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Melalui permainan tradisional diharapkan dapat meningkatkan kreativitas peserta didik.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana upaya peningkatan kreativitas peserta didik melalui permainan tradisional di RA Muslimat NU Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan permainan tradisional congklak. Karena peneliti menganggap permainan congklak tepat sekali diterapkan pada anak usia dini atau usia TK.
Sedangkan untuk mempermudah penelitian ini, metode penelitian yang penulis ajukan adalah bersifat kualitatif dengan pengelolahan datanya dilakukan secara rasional menggunakan pola berfikir induktif, jenis penelitian yang penulis gunakan dengan metode deskriptif yaitu dengan cara mengambarkan, memaparkan keadaan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan teknik obsevasi, dokumentasi, dan interview
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional dapat meningkatkan kreativitas peserta didik, hal ini dapat dilihat dari segi gagasan anak, segi sikap anak dan dari segi karya anak. Dari segi gagasan : anak mampu mengerjakan sesuatu dengan tekun, menyelesaikan permainan dengan prosedur permainan. Dari segi sikap : anak senang menanyakan sesuatu, sikapnya terbuka, bisa dalam mengambil resiko, dan dari segi Karya : anak mampu dan berani memodivikasi permainan, mampu mengembangkan berbagai inovasi dan mengkasilkan solusi atau permasalahan sosial yang dihadapi.
Penerapan permainan tradisional juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yaitu pembelajaran berhitung khususnya konsep matematika, melalui media ini pembelajaran jadi sangat menyenangkan bagi peserta didik dan mudah bagi pengajar untuk menarik perhatian pesertad idiknya.
06SK067121.00 | SK PAI12.671 ZUL u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain