SKRIPSI PAI
Korelasi Intensitas Kegiatan Keagamaan Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 04 Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012
Pelaksanaan kegiatan keagamaan diperlukan adanya kesadaran dan pengetahuan akan nilai-nilai agama sehingga mendorong seseorang itu aktif. Intensitas seseorang dalam melakukan kegiatan keagamaan bisa berhubungan dengan prestasi belajar PAI (Pendidikan Agama Islam) siswa disekolahnya, Pelajaran PAI dan kegiatan pengembangan keagamaan diharapkan mampu mengembangkan pemahaman dan pengamalan peserta didik terhadap ajaran Islam. Dengan demikian, kepribadian peserta didik diharapkan dapat berkembang dengan baik yang dilandasi dengan ajaran Islam dengan mengamalkan ibadah siswa.
Dalam penelitian ini penulis memaparkan rumusan masalah yaitu, Bagaimana intensitas kegiatan keagamaan kelas VIII SMPN 04 Pekalongan?, Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 04 Pekalongan?, Bagaimana korelasi intensitas keagamaan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 04 Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi intensitas keagamaan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas VIII SMPN 04 Pekalongan.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif yang mengambil analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjutan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas kegiatan keagamaan siswa kelas VIII SMPN 04 Pekalongan mempunyai nilai rata-rata 76,68 yang termasuk kategori sangat baik sekali, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 04 Pekalongan mempunyai nilai rata-rata 77 termasuk kategori baik. Setelah diadakan perhitungan statistik dengan rumus product moment didapatkan nilai rxy = 0,414 terletak pada interval nilai 0,400-0,700 pada tabel patokan interpretasi nilai r, dengan demikian bahwa antara intensitas kegiatan keagamaan siswa terdapat korelasi positif yang sedang dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 04 Pekalongan. Hal ini dapat dibuktikan pada interpretasi secara cermat, untuk jumlah data N=31 dalam tabel r product moment untuk taraf siginifikan 5% didapat rtabel=0,355 dan untuk taraf signifikan 1% didapat rtabel=0,456. Dengan demikian rxy lebih besar daripada rtabel baik pada taraf signifikan 5% dan pada taraf signifikan 1% rxy lebih kecil daripada rtabel. Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang sedang antara intensitas kegiatan keagamaan siswa kelas VIII SMPN 04 Pekalongan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 04 Pekalongan.
06SK066521.00 | SK PAI12.665 FAJ k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain