SKRIPSI PAI
Usaha Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Penerapan Ilmu Tajwid Di MIS Gumawang Wiradesa
Para ahli qiraat berpendapat bahwa tajwid adalah penghias qiraat, yaitu memberikan hak-haknya huruf dan tertibnya, mengembalikan huruf pada makhrajnya dan asal pokoknya, melembutkan pengucapannya dan dengan cara yang sempurna dan tanpa aturan, tidak gegabah dan tidak dipaksakan. Kesulitan belajar khususnya dalam membaca Al-Quran harus ditangani, misalnya peserta didik kurang bisa menempatkan makhroj huruf dan tajwid ketika membaca Al-Quran. Sehingga pada saat membaca Al-Quran terutama Al-Fatihah dalam shalat bacaannya bisa sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwidnya. Maka untuk itu guru harus mengajarkan ilmu tajwid yang benar kepada siswa semaksimal mungkin.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan membaca Al-Quran siswa di MIS Gumawang Wiradesa sebelum dan sesudah penerapan ilmu tajwid? Apakah penerapan ilmu tajwid dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di MIS Gumawang Wiradesa?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Quran siswa di MIS Gumawang Wiradesa sebelum dan sesudah penerapan ilmu tajwid, serta untuk mendeskripsikan apakah penerapan ilmu tajwid dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di MIS Gumawang Wiradesa. Kegunaan penelitian diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran melalui penerapan ilmu tajwid siswa.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat yang menjadi lokasi penelitian tindakan kelas ini yaitu kelas V MIS Gumawan Wiradesa tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian yang akan dikenai tindakan kelas adalah siswa kelas V MIS Gumawan Wiradesa tahun pelajaran 2012/2013 sejumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, dokumentasi, hasil tes/evaluasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan rumus prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa: 1) Kemampuan membaca Al-Quran siswa MIS Gumawang Wiradesa sebelum penerapan ilmu tajwid menunjukkan hasil yang belum maksimal. Dari jumlah 33 siswa terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 21 siswa (63,64 %). Kemampuan membaca Al-Quran siswa MIS Gumawang Wiradesa sesudah penerapan ilmu tajwid menunjukkan hasil yang baik. Pada pra siklus menunjukan bahwa perolehan nilai rata-rata ulangan harian PAI pada materi membaca Al-Quran siswa pada pra siklus yakni 63,15 meningkat pada siklus I menjadi 66,93, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 71,03. Sedangkan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus terdapat 12 siswa (36,36 %) meningkat pada siklus II menjadi 20 siswa (60,60 %), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 33 siswa (100 %), serta siswa yang belum tuntas belajar pada pra siklus sebanyak 21 siswa (63,64 %) turun pada siklus II menjadi 13 siswa (39,40 %), dan pada siklus II terjadi penurunan lagi menjadi 0 siswa (0 %). 3) Penerapan ilmu tajwid dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di MIS Gumawang Wiradesa. Meningkatnya kemampuan membaca Al-Quran siswa di MIS Gumawang Wiradesa melalui penerapan ilmu tajwid dapat dibuktikan dengan hasil tes belajar siswa yang meningkat dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus II. Hal ini menunjukkan proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi membaca Al-Quran siswa di MIS Gumawang Wiradesa melalui penerapan ilmu tajwid sudah berjalan dengan baik.
06SK066421.00 | SK PAI12.664 LAZ u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain