SKRIPSI PAI
Model Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di MI Islamiyah Karangsari Karanganyar Pekalongan
Sebagai salah satu agen perubahan sosial, madrasah dituntut dan diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya, ini juga sekaligus merupakan respon terhadap pemberlakuan terhadap regulasi kependidikan seperti Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional dan peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Oleh karena itu pendidikan di Madrasah bertugas mengarahkan proses ini agar sasaran dari perubahan itu dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan.Demikian pula yang diterapkan di MI Islamiyah Karangsari, setelah masa reformasi sekarang, status atau akreditasi dari pemerintah tidak terlalu dirisaukan karena keberadaan Madrasah ini tergantung dari bagaimana madarasah memanajemen dirinya, salah satunya dengan membenahi model pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar mengajarnya. Oleh karena itu, diperlukan pedoman pelaksanaan model pembelajaran tematik untuk kelas II pada tingkat SD/ MI. hal ini penting, untuk memberikan gambaran tentang pembelajaran tematik yang menjadi acuan dan contoh kongkrit, dan juga untuk menyamakan pemahaman bagi para Pembina, kepala sekolah, serta pendidik tentang apa yang diinginkan kurikulum, baik dalam menyusun perencanaan, melaksanakan program sampai evaluasi.
Permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran tematik mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di MI. Bagaimana upaya mengatasi problematika dalam penerapan model pembelajaran tematik mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di MI. Tujuan penelitian ini adalah Memberikan pemahaman, ketrampilan,wawasan dalam pelaksanaan dan mengatasi problematika model pembelajaran tematik mata pelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah dapat memberikan masukan serta gambaran tentang proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu suatu pendekatan yang menekankan analisisnya dalam bentuk kata- kata subyek maupun tertulis. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data adalah obsewrvasi wawancara, dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskrptif dan induktif.
Hasil penelitian skripsi ini adalah Prosedur pelaksanaan pembelajaran tematik memiliki tiga tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, penilaian. Dalam penerapan model pembelajaran tematik kelas II mata pelajaran bahasa Indonesia di MI mempunyai beberapa problematika, antara lain: Kecenderungan untuk mengambil tema sangat dangkal sehingga kurang bermanfaat bagi peserta didik, Seringkali guru terfokus pada kegiatan sehingga materi atau konsep menjadi terabaikan, Memerlukan keseimbangan antara kegiatan dan pegembangan materi pelajaran. Upaya mengatasi problematika dalam penerapan model pembelajaran tematik kelas II mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI, sebagai berikut : Memberikan kesempatan kepada pendidik untuk terus menggali informasi ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan dan banyak membaca buku, Memberikan jam tambahan yang hubunganya untuk mengembangkan kemampuan Peserta didik kelas II berupa membaca dan menulis, Berusaha menyediakan alat peraga yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, Memberikan kewenangan kepada pendidik dalam mengembangkan materi, metode dan penilaian, memfasilitasi adanya koordinasi dengan pendidik lain, bila materi pelajaran berasal dari pendidik yang berbeda.
06SK065621.00 | SK PAI12.656 SUT m C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain