SKRIPSI PAI
Hubungan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Minat Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Petarukan Kabupaten Pemalang
Sebelum mengajar, guru harus menentukan dan mempersiapkan segalanya, termasuk metode apa yang akan digunakan. Strategi pembelajaran quantum teaching merupakan inovasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk terlibat aktif sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Dalam penelitian ini penulis memaparkan rumusan masalah, yaitu: bagaimana penggunaan strategi pembelajaran quantum teaching dan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Petarukan Kabupaten Pemalang, serta mendeskripsikan hubungan antara keduanya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran quantum teaching dan minat belajar siswa serta hubungannya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian field research. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu strategi pembelajaran quantum teaching dan variabel terikat yaitu minat belajar. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Petarukan dengan jumlah 310, sedangkan sampel 19,4% dari jumlah populasi yaitu 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran quantum teaching di SMP Negeri 3 Petarukan mempunyai nilai rata-rata 25 yang termasuk dalam kategori baik, minat belajar siswa SMP Negeri 3 Petarukan mempunyai nilai rata-rata 26 yang termasuk dalam kategori tinggi. Setelah diadakan perhitungan statistik dengan rumus product moment didapat nilai rxy = 0,541 terletak pada interval 0,41-0,70. Hal ini berarti terdapat korelasi yang cukup/sedang, sehingga strategi pembelajaran quantum teaching mempunyai hubungan dengan minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Petarukan. Pada interpretasi secara cermat, untuk jumlah data N=60 dalam r product moment untuk taraf signifikan 5% didapat rt=0,254 dan untuk taraf signifikan 1% didapat rt=0,330. Dengan demikian rxy lebih besar dari rt baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara strategi pembelajaran quantum teaching dengan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Petarukan baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima.
06SK065521.00 | SK PAI12.655 KHA h C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain