SKRIPSI PAI
Tipe Belajar Mahasiswa Kos Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Di STAIN Pekalongan
Tipe belajar adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di sekolah, dan dalam situasi-situasi antar pribadi. Ketika menyadari bagaimana seseorang menyerap dan mengolah informasi, belajar dan berkomunikasi menjadi sesuatu yang mudah dan menyenangkan. Perlu disadari bahwa tidak semua orang mempunyai tipe belajar yang sama. Kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap pelajaran sudah pasti berbeda tingkatnya. Ada yang cepat, sedang, dan ada pula yang sangat lambat. Di lingkungan kos-kosan, sebagian besar mahasiswa kos lebih suka belajar dengan cara membaca. Mereka membaca dengan berbagai macam cara. Adapun diantara mereka yang belajar melalui diskusi dan tanya-jawab. Apa pun cara yang dipilih, perbedaaan tipe belajar itu menunjukkan cara tercepat dan terbaik bagi setiap individu bisa menyerap sebuah informasi dari luar dirinya. Oleh karena itu, kita harus bisa memahami bagaimana tipe belajar diri kita sendiri untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dengan hasil akhir yang memuaskan.
Atas dasar pemikiran di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana tipe belajar mahasiswa kos Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah di STAIN Pekalongan. 2. Bagaimana keberhasilan belajar yang dicapai mahasiswa kos Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah di STAIN Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah : 1. Bagi dosen, mempemudah dalam mengajar mahasiswa karena sudah mengetahui tipe belajar mereka dan dapat mengaplikasikan metode mengajar sesuai dengan tipe belajar yang banyak digunakan mahasiswa. 2. Bagi mahasiswa, membantu mahasiswa menyadari tipe belajarnya, memperoleh cara belajar yang menyenangkan sesuai tipe belajar mereka dan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam belajar dan menciptakan suasana belajar yang nyaman sehingga menentukan keberhasilan dalam belajar. 3.Bagi pembaca, membantu menganalisa tipe belajar yang sesuai dengan pembaca sehingga mereka dapat menggunakan cara belajar yang tepat sesuai tipe belajar mereka.
Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tipe belajar mahasiswa kos Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah di STAIN Pekalongan. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis induktif.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa tipe belajar mahasiswa kos Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah di STAIN Pekalongan beraneka ragam. Dari hasil penelitian sebagaian besar dari mereka belajar dengan tipe visual. Menurut hasil penelitian yang telah dianalisis, dari keenam Subjek penelitian mahasiswa kos ada tiga orang yang memiliki tipe belajar visual. Mereka belajar dengan cara membaca dan memahami dalam hati serta ada juga yang menuliskan intisari dari materi yang dipahami. Dua orang mahasiswa kos memiliki tipe belajar kinestetik. Akan tetapi mereka lebih sering belajar dengan cara membaca dan mendengarkan daripada dengan praktik. Satu mahasiswa kos memiliki tipe belajar Auditorial. Dia belajar sambil mendengarkan musik dan bersuara ketika menghafalkan materi pelajarannya. Mereka yang belajar sesuai dengan tipe belajarnya akan memperoleh keberhasilan dalam belajar yang memuaskan.
06SK065421.00 | SK PAI12.654 WIJ t C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain