SKRIPSI PAI
Model Pendidikan Agama Islam [PAI] Berbasis Karakter Kebangsaan Di SMK N 3 Pekalongan
Pendidikan karakter bangsa peserta didik sangatlah penting karena kemajuan bangsa dipegang oleh tangan peserta didik, dengan adanya pendidikan pembentukan karakter bangsa sangat diharapkan peserta didik dapat memajukan jati diri sebagai cerminan bangsa Indonesia. Melalui Pendidikan Agama Islam inilah nilai-nilai kehidupan yang dilandasi oleh nilai-nilai agama Islam masuk (include) ke dalam diri dan pribadi siswa. Tetapi, Pelaksanaan pendidikan berbasis karakter belum tertanam dengan baik pada diri peserta didik. Karena, peserta didik masih banyak yang melakukan penyimpangan perilaku yang tidak sesuai dengan norma agama, norma hukum, dan norma susila. Dari sinilah muncul permasalahan, sehingga SMK Negeri 3 Pekalongan memasukkan kurikulum berbasis pendidikan karakter bangsa pada materi PAI dengan tujuan agar terbentuknya anak didik yang dapat menjiwai kelima sila Pencasila secara utuh dan komprehensif.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana model PAI di SMK Negeri 3 Pekalongan? bagaimana pelaksanaan model PAI berbasis karakter kebangsaan di SMK Negeri 3 Pekalongan? faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan model PAI berbasis karakter kebangsaan di SMK Negeri 3 Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model PAI di SMK Negeri 3 Pekalongan, mengetahui pelaksanaan model PAI berbasis karakter kebangsaan di SMK Negeri 3 Pekalongan, dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model PAI berbasis karakter kebangsaan di SMK Negeri 3 Pekalongan. Kegunaan penelitian diharapkan menambah khasanah keilmuan peneliti dan para praktisi maupun konseptor pendidikan. Dan sebagai pedoman bagi kita semua calon pendidik.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model PAI di SMK Negeri 3 Pekalongan yaitu bahwa Guru PAI sering menggunakan model pembelajaran PAI berbentuk pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning). Hasil penelitian selanjutnya tentang Pelaksanaan model PAI berbasis karakter kebangsaan di SMK N 3 Pekalongan yaitu guru PAI menerapkan program-program pembiasaan yang berkaitan dengan keagamaan. Dan hasil penelitian selanjutnya guru PAI di SMK Negeri 3 Pekalongan bahwa hasil dari pelaksanaan model PAI ini, dilihat dari segi akademis sudah bisa dikatakan maksimal dan dapat dilihat dari sikap peserta didik menjadi lebih baik.
06SK065221.00 | SK PAI12.652 SHO m C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain