SKRIPSI PAI
Studi Komparasi Sistem Pembelajaran Pondok Pesantren Tradisional Dan Pondok Pesantren Modern [ Studi antara Pondok Pesantren Al-Mubarok Dan Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Islamiyah Pekalongan ]
Hasil penelitian adalah : 1]. Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren Tradisional Al-Mubarok Pekalongan bersifat salaf atau tradisional, sedangkan pola pengajaran menganut sistem pembelajaran sorogan dan bandongan / wetonan. Di samping itu, kitab-kitab yang dikaji merupakan kitab-kitab agama yang ditulis oleh para ulama zaman abad pertengahan sebagai referensi dan kitab-kitab itu dikenal dengan istilah kitab kuning. 2]. Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Islamiyah Pekalongan bersifat modern, sedangkan pola pengajaran menganut sistem kurikulum. Disamping itu, kitab-kitab yang dikaji merupakan kitab hasil ulama modern akan tetapi dikaji pula beberapa kitab karya ulama terdahulu tetapi tidak dijadikan sumber referensi. 3]. Komparasi sistem pembelajaran Pondok Pesantren Tradisional Al-Mubarok Dan Pondok Pesantren Modern Al-Irsyad Al-Islamiyah Pekalongan diketahui hasil bahwa hal yang paling menonjol dari sistem pembelajaran di antara kedua pondok pesantren tersebut adalah Pondok Pesantren Al-Mubarok merupakan pondok pesantren salaf atau tradisional, sehingga segala kurikulum, pola pembelajaran serta kitab-kitab yang digunakan merupakan kitab-kitab lama atau kitab-kitab agama yang ditulis oleh para ulama zaman abad pertengahan dan kitab-kitab itu dikenal dengan istilah kitab kuning. Sementara di Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Islamiyah Pekalongan, merupakan pondok pesantren modern, sehingga sudah menganut sistem klasikal, terdapat sistem evaluasi, serta terdapat masa belajar yang akan berakhir yakni apabila santri dapat diwisuda jikatelah memenuhi syarat antara lain telah mengikuti khataman 30 juz serta telah mengikuti Dirosah Islamiyah selama 1 tahun.
00SK006521.00 | SK PAI12.065 SAR s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain